elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense Tanpa Blog

Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense Tanpa Blog

Apakah kamu sedang menggali informasi mengenai cara mendapatkan uang dari Google Adsense tanpa blog? Kamu berada di artikel yang tepat! Artikel ini akan memberikan kamu segala hal yang perlu kamu ketahui untuk mendulang uang dari internet tanpa harus membuat blog terlebih dahulu. Mungkin bagi kamu yang masih baru di bidang ini, maka kamu harus mempelajari terlebih dahulu mengenai apakah itu Google Adsense.

Mengenal Google Adsense

Google Adsense merupakan salah satu sarana periklanan yang dikelola oleh Google. Melalui Google Adsense, Google akan mempertemukan pihak pengiklan dengan pemilik konten. Google Adsense akan memanfaatkan space kosong yang ada di situs kamu sebagai tempat untuk menampilkan iklan. Nah, nantinya si pengiklan akan menawar harga space kosong tersebut untuk iklan mereka. Pengiklan yang bersedia membayar dengan harga paling tinggilah yang biasanya akan mendapatkan space kosong untuk iklan yang dimaksud. Kamu akan dibayar sesuai dengan berapa jumlah pengunjung dan jumlah klik pengunjung terhadap iklan yang ditampilkan di situs kamu.
Biasanya, orang-orang yang memanfaatkan Google Adsense harus membuat sebuah blog tertentu untuk bisa didaftarkan melalui Google Adsense. Namun, tahukah kamu bahwa kamu sebenarnya tidak perlu membuat blog untuk bisa memanfaatkan keuntungan dari menggunakan Google Adsense dan meraih profit online kamu nantinya. Bagaimanakah cara kerja Google Adsense?

Cara Kerja Google Adsense

Google Adsense akan memasang iklan di blog kamu, sehingga jika ada pengguna internet yang berkunjung ke blog kamu serta mengklik iklan yang muncul di blog kamu, maka satu klik yang terjadi sudah dihitung ke dalam penghasilan Google Adsense. Setiap klik memiliki harga, jadi total penghasilan yang akan kamu dapatkan akan dikalkulasikan oleh pihak Google Adsense untuk kemudian penghasilan kamu akan ditransfer ke rekening kamu di Indonesia. Cukup mudah dan menarik bukan?
Jika kamu sudah memiliki situs dengan jumlah pengunjung yang banyak setiap harinya, maka kamu memiliki potensi untuk meraup keuntungan yang banyak juga dari setiap iklan yang ditampilkan di situs atau blog kamu. Namun, kamu tidak bisa memilih jenis iklan seperti apa yang akan ditampilkan di situs atau blog kamu. Hal ini dikarenakan setiap iklan yang nantinya muncul di situs kamu akan disesuaikan dengan pengunjung atau audiens yang mengunjungi website kamu. Meskipun kamu tidak bisa memilih iklan yang ingin ditampilkan, kamu tetap bisa mengatur preferensi format dan desain iklan yang muncul. Tenang saja, kamu juga bisa menghapus iklan yang muncul di situs kamu jika ternyata kamu tidak menyukainya.

Kelebihan dan Kekurangan Google Adsense

Sebagai salah satu sarana yang bisa digunakan untuk monetisasi, Google Adsense memiliki beragam keuntungan yang bisa kamu raih dengan mudah. Namun, jika kamu tertarik untuk memanfaatkan Google Adsense, kamu juga harus memahami beberapa kekurangan dari salah satu platform keluaran Google ini.
Ragam keuntungan yang bisa kamu raih melalui Google Adsense adalah kamu bisa langsung mendapatkan uang dari setiap jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung. Selain itu, kamu sudah pasti akan berpotensi untuk mendapatkan iklan dengan harga penawaran yang tertinggi. Kamu juga diberikan keleluasaan oleh pihak Google Adsense untuk mengatur tampilan iklan yang nantinya akan muncul di situs kamu. Tampilan iklan tersebut juga bisa kamu sesuaikan dengan jenis gadget apa yang digunakan oleh pengunjung. Terakhir, sebagai pemilik website, kamu dapat menilai performa iklan dengan melihat statistik iklan yang muncul di situs kamu.
Sayangnya, di balik berbagai macam kelebihan dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan, ada tiga kekurangan Google Adsense yang harus kamu terima. Pertama, untuk mendapatkan potensi profit yang besar dari Google Adsense, kamu harus memiliki situs atau website dengan jumlah pengunjung atau traffic yang besar tiap harinya agar semakin banyak orang yang mengklik iklan yang muncul di website kamu. Kedua, ketika kamu tidak dapat mempertahankan statistik pengunjung yang hadir di situs kamu, maka iklan yang awalnya muncul di situs kamu bisa hilang. Hilangnya iklan di website kamu berarti juga dapat menghilangkan kesempatan kamu untuk meraih pendapatan pasif melalui Google Adsense. Ketiga, Google bisa memberikan penalti kepada kamu yang dengan sengaja melakukan perbuatan curang dengan mengklik iklan yang muncul di situs kamu secara terus-menerus.
Nah, sebelum memutuskan akan lanjut berbisnis dengan menggunakan Google Adsense, ada baiknya kamu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Google Adsense di atas ya! Biasanya pihak Google juga akan mereview situs kamu terlebih dahulu, apakah layak menjadi tempat untuk pemasangan iklan atau tidak. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu ya jika situs kamu memang layak untuk menjadi tempat memasang iklan.

Blog untuk Google Adsense

Namun sayangnya, jika kamu menentukan untuk membuat blog demi penghasilan Google Adsense kamu, banyak hal yang harus kamu pertimbangkan. Salah satunya adalah ide nama blog. Bagi kamu yang belum pernah berkecimpung di dunia per-blog-an, pasti akan menjadi hal yang cukup menantang untuk sekedar memikirkan ingin membuat blog seperti apa. Kamu juga harus mempelajari jenis-jenis blog yang ada dan menentukan jenis blog seperti apa yang ingin kamu buat nantinya demi Google Adsense kamu. Kenapa hal ini penting untuk dipikirkan? Karena semakin menarik blog kamu, maka akan semakin banyak pengunjung yang datang ke blog kamu. Semakin banyak pengunjung yang datang ke blog kamu, maka semakin besar potensi para pengunjung tersebut untuk mengklik iklan di dalam blog kamu. Peluang keuntungan yang bisa kamu peroleh juga akan semakin meningkat karena hal ini. Jika dilihat-lihat memang alurnya cukup rumit untuk diimplementasikan oleh kamu yang masih baru di bidang ini.
Namun, jika sebelumnya kamu sudah memiliki blog dan hanya ingin mempercantik tampilan blog kamu, kamu hanya perlu mencari tahu cara mengganti template blog agar blog kamu menjadi lebih menarik dan semakin dilirik oleh banyak pengunjung di internet. Ada banyak referensi tentang beberapa website terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan contoh untuk blog kamu nantinya. Bagi kamu yang sudah memahami tentang Google Adsense dan betapa tidak mudahnya memanfaatkan Google Adsense melalui blog, kamu bisa mencoba cara mendapatkan uang dari Google Adsense tanpa blog berikut.

Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense Tanpa Blog

1. Program Revenue Sharing yang Menarik

Program revenue sharing yang menarik

Pada program ini, kamu tidak perlu membuat blog pribadi sebagai salah satu wadah bagi Google Adsense untuk meletakkan iklan-iklannya. kamu hanya perlu bekerja sama dengan situs-situs yang memiliki banyak pengunjung. kamu bisa memasang kode Adsense di konten-konten unggahan kamu di situs mereka. Penghasilan yang didapat dari Google Adsense nantinya biasanya akan dibagi dengan rasio 50:50. Dengan program ini, ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh, salah satunya adalah kamu tidak perlu repot-repot memikirkan cara menaikkan rating web di google. Hal ini dikarenakan kamu sudah numpang posting konten kamu di situs yang memang sudah memiliki trafik pengunjung yang tinggi dan pastinya sudah populer. Yang perlu kamu lakukan adalah membuat konten yang berkualitas sehingga mampu dilirik oleh pemilik situs besar agar bisa ditampilkan di situs mereka. Adapun beberapa situs-situs atau website besar yang bisa kamu manfaatkan program revenue sharingnya. Informasi mengenai daftar website-website yang dimaksud dapat dengan mudah kamu temukan melalui internet.

Keuntungan utama lain yang bisa kamu dapatkan dari program revenue sharing ini adalah kamu tidak perlu repot membuat blog. Apalagi jika kamu termasuk ke dalam orang-orang yang belum fasih membuat sebuah blog atau situs, maka keuntungan ini bisa menjadi alasan utama kamu untuk mulai memanfaatkan program revenue sharing. Meskipun saat ini kamu bisa menyewa pengembang website untuk membuatkan situs untuk kamu, tetapi itu berarti kamu juga harus membayar biaya sewa hosting, domain, dan lain sebagainya yang belum tentu bisa tertutup oleh penghasilan Google Adsense kamu nantinya.

2. Membuat Video dan Menguploadnya di Youtube

Membuat Video dan Menguploadnya di Youtube

Salah satu cara lain yang bisa kamu lakukan selain memanfaatkan program revenue sharing adalah dengan membuat video dan menguploadnya di situs Youtube. Youtube merupakan salah satu platform yang juga dikelola oleh Google. Selain cara mendapatkan uang dari blog, kamu juga bisa mendapatkan uang melalui Youtube. Di zaman yang serba digital ini, hampir semua orang sudah mengetahui Youtube dan bahkan menjadi penonton setia Youtube setiap harinya. Atas dasar inilah, mengunggah konten di Youtube dan melakukan monetisasi melalui platform ini berpotensi menghasilkan pundi-pundi rupiah yang besar untuk kantong kamu nantinya. Cara ini patut kamu coba, karena sudah banyak orang-orang yang juga mencobanya dan berhasil.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjajal metode ini, pertama-tama kamu harus membuat akun Google terlebih dahulu. Kamu bisa login ke Youtube dengan menggunakan akun ini nantinya. Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan verifikasi nomor ponsel yang kamu miliki. Verifikasi nomor ponsel dilakukan melalui Youtube Studio, yaitu dengan melakukan siaran langsung setelah kamu berhasil memverifikasi akun kamu. Untuk melakukan verifikasi nomor ponsel, masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke nomor ponsel kamu kemudian klik Submit untuk menyelesaikan proses verifikasi akun. Berikutnya kamu harus mendaftarkan akun Youtube kamu untuk Monetization melalui halaman Youtube Studio. Namun, untuk bisa menggunakan Youtube sebagai salah satu sumber penghasilan dari Google Adsense, paling tidak kamu harus sudah memiliki 1000 subscriber dengan 4000 tayangan di Youtube kamu. Jika kamu belum memenuhi persyaratan ini, maka akan sulit bagi kamu untuk bisa mendaftar program Adsense yang ditawarkan. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu jika kamu sudah memiliki subscriber yang banyak dengan konten yang juga menarik sehingga banyak orang yang datang dan menonton konten video kamu tersebut. Setelah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, kamu bisa mencoba untuk membuat akun Adsense di Youtube. Agar dapat memanfaatkan platform Adsense melalui Youtube, kamu harus menyetujui terlebih dahulu program Youtube Partner yang ditawarkan. Setelah itu, kamu akan diberikan sebuah form yang berisi alamat rekening untuk proses pencairan pendapatan Adsense yang didapatkan melalui video Youtube. Tunggu hingga akun Adsense kamu berhasil diverifikasi ya.

3. Menciptakan Aplikasi

Menciptakan Aplikasi

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk meraup pundi-pundi rupiah melalui Google Adsense adalah dengan menciptakan aplikasi. Aplikasi kamu nantinya bisa diunggah melalui Google Playstore. Aplikasi yang perlu kamu buat haruslah kompatibel dengan Android. Platform yang diberikan oleh Google Adsense bagi kamu yang tertarik untuk menciptakan aplikasi dan mendapatkan penghasilan melalui hal tersebut adalah dengan mengoptimasi Adsense Mobile. Untuk memulai segalanya, kamu harus membuat akun Adsense Mobile terlebih dahulu agar kamu bisa mengunggah aplikasi kamu nantinya dan monetisasi iklan yang muncul di aplikasi kamu. kamu dapat membuat aplikasi yang kamu inginkan melalui Android Studio. Salah satu aplikasi menarik yang bisa kamu buat mungkin berkaitan dengan teknologi sistem pernapasan yang jarang diketahui banyak orang awam.

Jika kamu tertarik untuk membuat aplikasi dan mendulang profit melalui metode ini, ketika melakukan pendaftaran, kamu perlu memilih mata uang yang akan digunakan untuk proses pencairan dana dari setiap iklan yang masuk di aplikasi yang kamu buat. Pendaftaran dilakukan dengan masuk ke akun Admob yang kamu miliki. Setelah masuk ke akun ini, kamu bisa klik pilihan Monetisasi aplikasi baru. Biasanya kamu akan diberikan beberapa isian nama dan lain sebagainya yang perlu kamu isi sebagai salah satu syarat untuk menggunakan fitur Adsense. Jangan lupa klik Tambahkan Aplikasi ketika kamu sudah selesai mengisi beberapa form isian tersebut. Simpanlah Ad unit name dan ID lalu selesaikan dengan klik Done.

Untuk kamu yang memang memiliki hobi membuat aplikasi-aplikasi di smartphone, menciptakan aplikasi yang dibutuhkan orang banyak bisa membuat kamu untung juga. Semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi kamu nantinya, maka semakin banyak orang yang akan melihat iklan di dalam aplikasi kamu. Oleh karena itu, semakin tinggi profit yang bisa kamu dapatkan dengan semakin banyaknya iklan yang muncul di aplikasi kamu. Namun, kamu harus pastikan iklan-iklan tersebut tidak mengganggu kenyamanan user aplikasi kamu ketika sedang mengoperasikan aplikasi kamu nantinya. Jika ternyata user menganggap aplikasi kamu terlalu banyak iklan yang menyebabkan kinerja aplikasi kamu tidak responsif, maka mereka akan cenderung menghapus aplikasi kamu dan menurunkan rating aplikasi kamu. Hal ini bisa berdampak kepada frekuensi iklan yang muncul dan jumlah profit yang kamu dapatkan berdasarkan iklan tersebut.

Penutup

Bagi kamu yang merasa program revenue sharing, membuat konten Youtube, dan menciptakan aplikasi jauh lebih sulit, maka kamu bisa kembali ke cara umum yang biasanya dilakukan untuk monetisasi iklan melalui Google Adsense. Cara tersebut adalah dengan membuat blog. Untuk membuat blog yang baik dan bisa menarik banyak pengunjung, kamu harus mencari tahu tentang apa itu SEO (Search Engine Optimization).

Apa itu search engine? Search engine maksudnya adalah mesin pencari di internet, salah satunya adalah Google sebagai salah satu search engine terbesar di Indonesia bahkan dunia. Sedangkan Search Engine Optimization adalah salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan trafik sebuah situs. Bahkan metode SEO juga biasanya digunakan oleh orang-orang yang sedang menjalankan bisnis toko online. Selain SEO, orang-orang yang memiliki toko online juga harus paham mengenai apa itu landing page untuk mengoptimalkan profit penjualan online mereka melalui internet.

Semua cara yang telah disebutkan di atas memiliki poin-poin yang bisa ditonjolkan masing-masing. Apapun jalan untuk cara mendapatkan uang dari Google Adsense tanpa blog, kamu harus konsisten dan mempelajarinya dengan benar agar profit yang kamu dapatkan bisa maksimal.

Semoga bermanfaat!

elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *