Cara Mengambil Data dari Instagram yang Perlu Anda Ketahui

Instagram bukan hanya sebagai media untuk ajang berbagi keunikan dan kebolehan, namun juga tempat menyebarkan berita penting. Beberapa warga dunia maya pun mulai mencari tahu cara mengambil data dari Instagram, ataupun platform lainnya demi mengumpulkan beberapa informasi.

Sosial Media Instagram dengan Berbagai Macam Data Menarik

Seiring berkembangnya zaman, sosial media saat ini merupakan satu hal penting bagi pegiat dunia maya. Baik itu sekedar berbagi informasi, kelebihan, ataupun terkadang sebagai ajang unjuk gigi, Instagram menjadi tempat terasyik untuk mereka berkumpul dengan segala kontennya.

Tidak heran jika kemudian banyak yang ingin mengetahui cara mengambil data dari Instagram untuk disimpan dalam smartphone dan disebar kembali melalui platform lainnya. Baik berupa bentuk gambar, video, maupun status sangat menarik demi dapat dimiliki atau sekadar di repost kembali.

Bermacam-macam cara yang bisa dilakukan, baik dari ponsel pintar maupun PC Anda. Beragam aplikasi pun tersedia di Play’s Store dan juga AppStore untuk membantu melakukan penyimpanan dalam galeri. Tinggal tentukan sendiri sesuai kebutuhan dan keinginan masing-masing.

Apa Saja Isi Konten pada Instagram

Bagi pengguna lama pemain sosial media tentu mengetahui apa saja konten yang terdapat dalam Instagram. Bukan hanya gambar, namun video pun bisa diposting dalam bentuk status, story, ataupun IGTV dengan panjang durasi tertentu sesuai dengan kebutuhan serta keperluan masing-masing.

Seperti yang diketahui pada status biasa, video hanya bisa di upload dengan durasi satu menit di setiap slide nya, dengan maksimal jumlah 10, sedangkan pada story hanya disediakan 15 detik. Lain hal nya untuk IGTV, mengusung sistem televisi mini, Anda dapat berbagi lebih dari waktu satu menit.

Namun terkadang gambar ataupun video hanya pemanis dari caption yang sebetulnya adalah tempat informasi utama. Status pun tidak jarang menjadi sesuatu untuk dibagikan kepada sesama. Beberapa juga melakukan repost demi menyebarkan konten tersebut.

Beberapa Cara Mengambil Data dari Instagram

Penasaran apa saja cara mengambil data dari Instagram? Berikut beberapa ulasan yang dapat Anda ikuti:

1. Cara Mengambil Data dari Instagram dengan Fastsave

Menyukai sebuah postingan tentunya normal dilakukan para pengguna Instagram. Namun bagi yang ingin membagikannya terkadang kesulitan karena tidak ada fitur khusus tersedia secara official dari aplikasi tersebut. Salah satu caranya dengan berbagi pada story masing-masing.

Fastsave memudahkan para pengguna melakukan repost dengan mencantumkan credit pada pemilik asli postingan tersebut. Diusung pada sistem operasi iOs dan Android, aplikasi ini ringan serta sangat mudah digunakan. Cukup aktifkan app nya, copy link, dan buka kembali untuk melakukannya.

2. DownloadGram

Website satu ini begitu simple dan user friendly, siapapun pasti dapat menggunakannya. Caranya mudah, ketik https://downloadgram.com, kemudian Anda akan diminta untuk melakukan copy link pada postingan yang diinginkan. Pada tab browser lain silahkan persiapkan Instagram agar memudahkan pencarian.

Buka Instagram, cari gambar kesukaan anda dan klik pada tiga dot di atas untuk copy link. Setelah itu paste pada kotak yang tersedia pada DownloadGram lalu tekan Download. Pertama kali akan membawa kepada laman web advertisement, tutup dan lakukan sekali lagi sampai website tampil dengan benar.

3. Screenshot

Ketika Anda malas untuk menginstall aplikasi tertentu atau mempelajari cara-cara unik demi menyimpan gambar atau video, lakukanlah secara manual dan sangat mudah yaitu dengan screenshot melalui ponsel pintar. Sederhana dan sangat cepat, namun memiliki beberapa kekurangan pada hasil akhirnya.

Salah satunya ialah kualitas gambar yang berbeda dengan originalnya. Ini tentu sudah harus dipikirkan sebelum memilih untuk menggunakan fitur screenshoot dari smartphone. Setelah di capture, Anda bisa melakukan crop pada gambar. Tetap perhatikan bahwa langkah ini tidak dapat dilakukan pada video.

4. Screen Recorder

Saat ini tentu sudah banyak ponsel pintar dengan tambahan aplikasi built in langsung pada sistemnya untuk melakukan rekam terhadap apapun yang tampil di layar smartphone. Seperti pada iPhone, terdapat fitur Screen Recording pada menu shortcut dengan cara swipe up dan memilih tombol tersebut.

Fitur ini tentunya dapat dipakai sebagai cara menyimpan video Instagram ke galeri jikalau Anda tidak ingin menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Agar tampilan lebih cantik lagi, crop bagian yang tidak diperlukan, dan video pun tersimpan di ponsel. Ini untuk mengantisipasi kekurangan dari cara Screenshot.

5. Backup Data Via PC

Cara mengambil data dari Instagram ini mungkin dilakukan bukan untuk me-repost ataupun menyimpan konten orang lain, namun berupa aktivitas backup sang pemilik. Beberapa pengguna menggunakan platform tersebut sudah seperti galerinya sendiri dan ingin memiliki keseluruhan data.

Asyiknya lagi, fitur ini memang disediakan oleh Instagram dengan menggunakan versi PC. Pemilik akun harus melakukan request pada bagian Pengaturan, lalu Keamanan, kemudian Unduh Data. Semakin banyak data Anda, maka proses pengunduhan akan lama sesuai dengan jumlah gambar dan video.

6. Cara Mengambil Data dari Instagram dengan InstaSave

Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, InstaSave memudahkan pengguna untuk melakukan penyimpanan baik gambar maupun video pada Instagram. Tidak terbatas apakah data tersebut merupakan milik sendiri, Anda dapat melakukannya pada milik orang lain juga sesuai keinginan hati.

Tahapannya hampir sama, aktifkan InstaSave terlebih dahulu setelah itu copy link dari postingan yang Anda inginkan. Kemudian buka kembali dan Paste, maka gambar atau video telah siap untuk di download. Kini tentunya tidak susah lagi apabila akan menyimpan data tertentu dari Instagram.

Itulah beberapa cara mengambil data dari Instagram telah dibahas secara detail di atas. Semoga dapat dicoba dan berhasil dalam prosesnya.

Leave a Comment