elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Cara Menggabungkan File Word Dengan Mudah

Cara Menggabungkan File Word dengan mudah

Cara menggabungkan file word – Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang berguna untuk memudahkan dan membantu pembuatan suatu dokumen. Namun terkadang terjadi beberapa kendala ketika ingin mengabungkan file menjadi satu.

Mengapa Harus Menggabungkan File?

Terkadang pembuatan dokumen atau suatu laporan akan disusun secara terpisah-pisah. Ini terjadi karena masing-masing dokumen mempunyai format yang berbeda-beda, atau dokumen dibuat oleh beberapa anggota.

Nah, jika semua laporannya sudah dibuat, tentunya kamu harus kembali menggabungkannya menjadi 1 file utuh. Proses penggabungan beberapa file word ini bisa dikatakan tidak mudah, sehingga tidak mengherankan ada banyak orang yang mengalami kesulitan saat menggabungkan file word tersebut.

Masalah yang sering terjadi adalah kamu harus berurusan lagi dengan copy dan paste dari setiap file word. Apalagi jika file yang sudah kamu gabungkan akan menjadi hancur dan harus ditata ulang kembali.

Lalu, bagaimana?

Tentu saja ada cara lain yang lebih praktis dan mudah.

Langkah-Langkah Menggabungkan File Word

Apabila kamu tidak menginginkan format file penting menjadi tidak karuan, tentunya penting bagi kamu mengetahui cara menggabungkan file word agar beberapa file word tersebut bisa lebih mudah dijadikan satu file.

Lebih jelasnya, berikut beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk menggabungkan file word.

Saya menyediakan dua file yang akan menjadi contoh kali ini.

File word yang harus digabungkan

Buka file pertama yang akan menjadi halaman paling atas setelah dilakukan penggabungan file word.

File pertama yang akan digabungkan

Lalu arahkan kursor pada baris yang ingin kamu masukkan file kedua. Pada contoh ini saya ingin membuat file kedua berada pada halaman setelah file pertama.

pilih baris sebagai tempat file kedua akan muncul

Setelah kursor sudah berada pada baris yang tepat , silahkan pilih tab Insert, pilih icon Object dan klik Text from File.

menu yang harus dipilih untuk menggabungkan file word

Kamu akan disuruh untuk memilih file apa yang akan dimasukkan.

Piilih file kedua yang harus digabung

Maka hasil penggabungannya akan seperti ini.

Hasil penggabungan file word

Selesai sudah cara menggabungkan file word dengan mudah. Apabila kamu memiliki file lainnya yang harus digabung, silahkan ulangi lagi langkah-langkah diatas.

Beberapa hal yang harus kamu ingat adalah untuk mengecek kembali penomoran halaman apabila kamu menggunakannya. Silahkan diperbaiki apabila terjadi perubahan.

Demikianlah, cara menggabungkan file word dengan mudah yang bisa kamu coba lakukan sendiri. Semoga ulasan diatas dapat menjadi referensi terbaik bagi kamu semua.

Semoga bermanfaat!

elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Cara Menyimpan Video dari Instagram dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Hadirnya perangkat lunak tidak hanya disediakan untuk PC atau laptop saja. Seiring perkembangan zaman kiprahnya terlihat mampu merambah ponsel pintar. Termasuk ketika menerapkan cara...
elsagara
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *