Cara Menyambung Kabel Headset yang Putus dengan Mudah!

Cara menyambung kabel headset yang akan dijelaskan dalam artikel ini yang patut Anda simak. Terutama untuk Anda yang sering mengalami masalah kerusakan headset.

Headset yang rusak memang pengalaman yang menyebalkan. Selain karena fungsinya yang sangat penting, harga headset yang berkualitas pun harganya tidak murah.

Pengalaman ini pasti pernah dialami oleh hampir sebagian orang yang memiliki headset, terutama tipe headset dengan kabel. Tipe headset ini memang sangat rentan jika terlalu sering digunakan.

Jangan khawatir, ada cara yang dapat dilakukan jika Anda mengalami kerusakan pada kabel headset Anda. Ada dua cara yang dapat dilakukan ketika headset Anda mengalami kerusakan.

Pertama adalah mengganti konektor menggunakan konektor jack yang ukurannya 3,5 mm. Cara ini dilakukan bila permasalahan terdapat pada konektor headset Anda. Harga konektor jack yang dijual di toko-toko listrik biasanya sekitar 3 ribuan.

Kedua adalah menggunakan solder jika yang rusak terdapat pada kabelnya yang putus. Nah, artikel ini akan membahas cara menyambungkan kabel headset jika putus. Penasaran bagaimana caranya? Kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menyambung Kabel Headset dengan Mudah

Ketika mengalami kerusakan pada headset yang ada dibenak kepala Anda adalah bagaimana cara memperbaikinya?

Ada banyak penyebab headset menjadi rusak, salah satu yang paling sering terjadi adalah kabel putus. Untuk memperbaiki kabel putus pada headset, Anda perlu membongkar kabel tersebut.

Sebelum mulai memperbaiki headset Anda, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan untuk menyambungkan kabel headset Anda, yaitu :

  • Timah
  • Alat Solder
  • Selotip (khusus untuk kabel) dan Selotip bening
  • Gunting
  • Tang
  • Selang bakar
  • Korek api
  • Hairdryer (jika ada)

Berikut langkah-langkah memperbaiki kabel headset putus :

1. Pastikan Kerusakan Headset

Tahap pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan kerusakan yang terjadi pada headset Anda. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyambungkannya pada HP Anda dan dengarkan salah satu musik di HP dengan volume yang keras. Jika terdengar kecil, artinya ada masalah pada headset Anda.

2. Cari Sumber Kerusakan

Langkah selanjutnya adalah mencari dan memastikan sumber kerusakan pada kabel headset Anda. Tahap ini bisa dilakukan dengan cara menekuk kabel satu persatu dari kepala headset hingga ujung konektor sambil memutar musik di HP Anda.

Anda tinggal menekuk kabel sebanyak 90 derajat menggunakan jempol. Sambil menekuk sepanjang kabel, dengarkan musik yang diputar dari headset Anda.

Jika Anda menemukan suara yang tidak jernih saat menekuk kabel headset Anda, tandai bagian itu. Artinya permasalahan headset Anda ada di bagian itu. Anda bisa menandainya menggunakan selotip khusus untuk kabel atau selotip berwarna gelap atau bening untuk headset berwarna gelap.

3. Gunting Kabel Headset

Setelah mengetahui sumber kerusakan pada kabel headset Anda, langkah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menggunting kabel pada titik kerusakan.

Saat menggunting kabel, Anda akan menemukan 2 warna kabel yang berbeda yaitu merah dan kuning.

Pada beberapa jenis kabel, ada yang dalemannya berbeda. Kadang, beberapa jenis kabel headset bisa berbeda dalemannya. Ada kabel yang terlihat seperti dua kabel yang saling direkatkan menggunakan lem. Ada yang hanya terdiri atas kabel tunggal yang memiliki dua kabel isolator bagian kiri dan kanannya.,

Jika terdiri dari dua kabel yang saling direkatkan artinya setiap kabel tersebut terdiri dari satu bagian isolator sebagai pencari sinyal dan satu lagi bagian kabel telanjang atau disebut kabel arde. Dengan demikian, Anda harus mengetahui jenis daleman headset Anda supaya tidak salah saat memotong dan menyambungkannya.

4. Kupas Kulit Kabel

Langkah berikutnya adalah mengupas kulit kabel sedalam 1,25 cm menggunakan tang atau bisa juga menggunakan pisau. Saat melakukan ini, Anda harus berhati-hati jangan sampai menggunting kawat-kawat bagian dalam yang akan diperbaiki.

Jika sudah, selanjutnya Anda akan melihat bagian kawat yang rusak dan perlu perbaikan. Selanjutnya, gunting bagian depan di kedua sisinya.

Walaupun yang putus atau rusak hanya satu sisi, ada baiknya Anda tetap menggunting kedua sisinya sama panjang. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan electrical yang akan terjadi pada headset Anda. Selain itu, cara ini akan menghasilkan perbaikan yang lebih kuat dan tidak cepat rusak lagi.

4. Gunakan Selang Bakar

Langkah keempat adalah gunakan selang kabar agar sambungan kawat yang rusak tadi menjadi kuat. Selang ini berwarna hitam dan terbuat dari karet dan akan menyusut jika ujungnya dibakar.

Cara penggunaannya adalah dengan memotong selang kabel dengan panjang yang disesuaikan dengan potongan kabel yang sudah Anda kupas sebelumnya.

Setelah itu masukan pada kabel headset dan tinggal kencangkan saat Anda telah menyelesaikan proses perbaikan headset. Selang bakar ini dapat bergeser ke kawat yang tidak ada covernya.

Jangan lupa berikan juga selang bakar pada setiap potongan kabel yang telah Anda kupas ya

5. Sambungkan kawat

Langkah selanjutnya adalah waktunya menyambungkan kawat yang putus pada headset Anda. Cara yang dilakukan untuk menyambungkan adalah dengan cara sambungan segaris atau sambungan ekor kuda.

Cara menyambungkan dengan sambungan segaris adalah dengan menahan 2 kawat secara lurus lalu pertemukan kedua ujung kawat-kawat tersebut. Setelah itu lilit kea rah yang berlawanan.

Sedangkan untuk menerapkan cara sambungan ekor kuda, Anda tinggal melilitkan kedua kawat tanpa meluruskannya. Cukup mudah bukan? Namun, hasil yang diberikan akan kurang rapi dibanding dengan cara sambungan segaris.

6. Solder Bagian yang Sudah Tersambung

Langkah yang tidak boleh ketinggalan adalah bagian mensolder kedua kawat yang telah tersambung. Hal ini dilakukan untuk memperkuat sambungan kawat.

Cara yang dilakukan sama seperti penggunaan solder pada umumnya, yaitu lelehkan timah terlebih dahulu. Ingat, jangan terlalu banyak melelehkan timah karena kawat pada headset relatif tipis dan kecil.

Setelah selesai, tunggu timah tersebut sampai dingin. Anda bisa juga mengikis kabel kemudian membakarnya menggunakan solder. Jangan lupa untuk melakukan hal yang sama pada setiap sambungan yang akan Anda perbaiki tadi.

7. Posisikan Selang Bakar pada Titik Sambungan

Langkah terakhir adalah memposisikan selang bakar yang tadi sudah dimasukkan ke kabel headset Anda. Anda tinggal menggesernya pada posisi yang tepat. Selanjutnya bakar menggunakan korek api atau alat pemanas lainnya.

Selang kemudian akan menyusut dan menyesuaikan dengan bentuk. Dengan demikian, sambungan – sambungan kawat yang tadi sudah diperbaiki akan terlindungi.

Jika tidak mau menggunakan selang bakar, Anda bisa menggantinya menggunakan selotip hitam atau bening untuk melindungi dan memperkuat sambungan kawat.

8. Cek Suara

Setelah selesai memperbaiki, pastikan lagi suara yang keluar dari headset Anda sudah normal. Lakukan dengan memutar musik dan sambungkan pada perangkat HP Anda.

Jika suara yang dikeluarkan headset masih belum normal, Anda perlu mencari tau lagi apa penyebab kerusakan pada headset Anda. Jika Anda pengguna Windows 7, Anda bisa mencari taunya menggunakan situs-situs yang tersedia.

Cara Menyambung Kabel Headset Yang Berbeda

Kabel headset biasanya terdiri dari 2 warna yaitu merah dan kuning. Ini akan terlihat ketika Anda telah berhasil mengupas kulit kabelnya. Lantas bagaimana cara menyambung kabel headset beda warna ?

Nah, untuk memperbaiki headset dengan warna yang berbeda, Anda bisa lakukan beberapa cara di bawah ini :

1. Mengetahui sumber kerusakan pada kabel Anda

Untuk mengetahui sumber kerusakan pada kabel headset, Anda bisa melakukan cara yang sama dengan penjelasan sebelumnya, yaitu dengan menekuk dan menelusuri bagian mana yang mengalami kerusakan.

2. Gunting dan Kupas Kulit Kabel

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menggunting bagian paling luar. Hati-hati jangan sampai mengguntingnya terlalu dalam atau memutuskan kabel headset tersebut.

Anda bisa mengganti gunting dengan lilin untuk melelehkan bagian luar dari kabel. Bakar hingga terlihat kabel dalam yang berwarna-warni.

Pada headset yang memiliki kabel berbeda warna, Anda harus lebih hati-hati lagi. Karena jika salah satu kabel mengalami konslet, makan kabel yang lain akan ikut berdampak. Akibatnya suara yang dihasilkan akan terdengar aneh.

Sedikit tips yang bisa dilakukan adalah jangan melepas di tengah jalan saat sedang mengupas kulit kabel. Tariklah kabel yang berwarna dari dalam dan biarkan kabel yang lainnya tetap di posisi.

Dengan demikian, kabel yang berwarna akan memiliki panjang yang lebih dibanding kabel lainnya. Hal ini akan mengurangi resiko konslet yang dapat menghasilkan suara yang aneh.

3. Bakar Kabel

Langkah selanjutnya adalah dengan membakar kabel warna-warni dengan api pada lilin secara pelan-pelan satu per satu. Setelah dibakar, yang akan terlihat hanyalah kawat tembaganya saja.

4. Gabungkan Tembaga

Setelah menemukan tembaganya, Anda tinggal menggabungkan tembaga yang satu dengan lainnya dengan cara melilitkannya. Jangan lupa untuk mengingat warna-warnanya, karena yang digabungkan harus sesuai warna yang satu dengan yang lainnya.

5. Tutup Kabel

Langkah terakhir adalah tutup dan rapihkan kembali kabel – kabel menggunakan lem kabel atau solatip.

Mengetahui Penyebab Headset Rusak

Anda sudah mengetahui cara memperbaiki dan merawat headset yang rusak kan? Sekarang agar lebih paham lagi tentang kerusakan headset, mari simak penjelasan mengenai penyebab headset menjadi rusak:

1. Mati Total

Penyebab headset yang mati total bisa berbagai macam misalnya kabel yang putus, tercebur air, atau terinjak. Cara yang sudah dijelaskan sebelumnya akan berguna jika headset Anda mengalami kerusakan karena kabel yang putus.

Lain halnya jika headset sudah mati total dan tidak bisa digunakan sama sekali. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membeli headset yang baru.

2. Mati Sebelah

Salah satu kerusakan yang banyak dialami adalah headset yang mati sebelah alias tidak berfungsi setengah. Hal ini biasa dapat terjadi karena kabel yang menyambung pada salah satu  konektornya putus.

Bisa jadi kawat di dalam kabel tersebut mengalami kerusakan atau putus. Hal ini bisa terjadi juga karena terbentur atau karena kualitas produksinya yang buruk. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada bahasan sebelumnya.

3. Putus

Hampir mirip dengan kerusakan mati sebelah, putusnya kabel pada headset bisa diatasi menggunakan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Namun, untuk mencegah putusnya pada headset Anda, simpanlah headset dengan baik dan gulung dengan rapi. Hindari memakai headset saat berolahraga karena akan rentan untuk ketarik dan menyebabkan putusnya headset Anda.

4. Kualitas Suara Menurun

Nah, penyebab selanjutnya adalah bunyi headset menjadi pelan atau kualitas suaranya menurun. Hal ini dapat terjadi karena faktor sistem dan kerusakan pada headset itu sendiri. Kerusakan sistem yang dimaksud adalah misalnya faktor settingan pada HP Anda.

Jika tidak, kerusakan itu bisa saja terjadi karena kabel yang rusak atau tertarik. Anda bisa memperbaiki kabel yang tertekuk dengan memberi selotip hitam. Solusi lain yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan suara adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan.

5. Patah Dalam HP

Penyebab yang kelima adalah patahnya bagian jack headset Anda. Hal ini bisa terjadi karena adanya patahan yang tersangkut di lubang jack HP Anda.

Jika Anda mengalami ini, Anda tidak akan bisa memperbaiki headset Anda. Anda bisa membeli kabel jack yang baru. Sebelum itu, jangan lupa untuk mengeluarkan patahan pada lubang jack Anda ya.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengolesi lem pada ujung cotton bud, kemudian masukan cotton bud ke dalam lubang jack yang ada patahannya. Tempelkan sebentar, lalu tarik secara perlahan hingga patahannya ikut tercabut keluar.

6. Menyetrum

Salah satu masalah yang cukup berbahaya adalah headset yang menyetrum. Hal ini dapat terjadi karena adanya korsleting. Kebiasaan menggunakan headset saat sedang di charger bisa jadi menjadi salah satu alasannya.

Kerusakan ini bisa membahayakan telinga kita bahkan beberapa kasus menyebutkan bahwa menggunakan headset saat sedang di charge dapat menyebabkan ledakan pada HP Anda.

Tips Merawat Headset Supaya Awet

Nah, setelah selesai memperbaiki headset, Anda tentunya tidak ingin kejadian headset rusak terulang kembali bukan? Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang dilakukan untuk merawat headset Anda agar tidak cepat rusak.

Tips yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Hindari Penggunaan Volume Besar

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga agar headset tidak cepat rusak adalah jangan menggunakannya dengan volume besar atau maksimal

Tidak hanya akan merusak telinga Anda, menggunakan volume secara maksimal juga akan merusak komponen pada headset Anda. Akibatnya, suara yang dihasilkan biasanya akan bocor.

2. Jangan Menggulung Kabel Asal-asalan

Jika Anda ingin merapikan headset, pastikan bahwa cara yang Anda gunakan tepat dan jangan asal-asalan. Jika digulung asal-asalan akan menyebabkan kabel headset kusut dan rentan sekali putus.

Anda bisa menggulung dengan cara memutarkannya pada tiga jari Anda yaitu, telunjuk, tengah dan manis. Sisakan kabel yang tidak digulung. Kemudian lepaskan ketiga jari secara perlahan dan gunakan sisa kabel yang tadi tidak digulung untuk menjadi pengikatnya.

3. Bersihkan Headset Secara Berkala

Tips berikutnya adalah dengan membersihkan headset yang sering digunakan secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menjaga keawetan headset itu sendiri.

Cara yang dilakukan adalah dengan membersihkan noda-noda pada kabel menggunakan alkohol dan lap bersih. Selain kabel, Anda perlu juga membersihkan earbud menggunakan cottonbud yang sudah dilumuri alkohol.

Selain menggunakan cottonbud, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya.

Nah, Anda sudah mengetahui kedua Cara Menyambung Kabel Headset yang putus baik yang hanya terdiri dari satu warna dan yang berbeda warna. Ada juga penyebab kerusakan headset serta tips merawat headset. Bagaimana caranya sangat mudah bukan? Semoga informasi tersebut dapat membantu. Selamat Mencoba!

Leave a Comment