elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Cara Menyimpan Video dari Instagram dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Hadirnya perangkat lunak tidak hanya disediakan untuk PC atau laptop saja. Seiring perkembangan zaman kiprahnya terlihat mampu merambah ponsel pintar. Termasuk ketika menerapkan cara menyimpan video dari Instagram dengan aplikasi, perannya menjadi penting saat user ingin mendapatkan konten di media sosial tersebut.

Peran Aplikasi dalam Menyimpan Video dari Instagram

Hampir semua aplikasi memiliki ruang lingkup fungsinya masing-masing. Ada yang dapat digunakan untuk memecah video menjadi beberapa durasi, menggabungkannya menjadi satu berkas, menambah caption hingga digunakan untuk menyimpan konten dari Instagram dengan mudah tanpa ribet.

Aplikasi seperti ini mampu mendapatkan konten video lewat tautan atau terintegrasi dengan sistem yang terdapat pada Instagram. Maka tidak heran bila untuk menyimpan berkas multimedia tersebut memerlukan pengunduhan terlebih dahulu sebelum tersimpan pada direktori penyimpanan internal.

Bagi pemula mungkin belum terlalu mengerti cara menyimpan video Instagram ke galeri. Maka dari itu perlu mengikuti tahap pengaplikasian agar penyimpanan video IG dapat dilakukan. Biasanya durasi video Instagram tidak lebih dari 60 detik sehingga untuk mengunduh keseluruhannya dilakukan satu per satu.

Beberapa Cara Menyimpan Video Dari Instagram dengan Aplikasi

Cara menyimpan video dari Instagram dengan aplikasi tentunya bisa memanfaatkan perangkat lunak mobile. Banyak pengembang mengunggahnya ke Google Playstore agar dapat digunakan oleh pengguna lainnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan berikut:

1. Menggunakan Aplikasi Video Downloader for Instagram

Cara Menyimpan Video dari Instagram dengan Aplikasi

Sesuai namanya bahwa aplikasi memungkinkan pengguna untuk mengunduh video IG terlebih dahulu kemudian menyimpannya pada internal storage perangkat. Downloader for Instagram dapat diunduh secara gratis lewat Google Playstore. Sebagai langkah awal tentunya dengan menginstallnya.

Setelah itu pastikan akun Instagram pengguna sudah dalam keadaan login. Tujuannya adalah agar dapat mencari video mana yang ingin disimpan. Setelah itu tahap-tahap berikut ini dapat dilakukan:

  1. Tap pada postingan video Instagram kemudian pilih opsi Copy Link atau “Salin Tautan”.
  2. Buka aplikasi Video Downloader for Instagram.
  3. Terdapat dua opsi yang dapat dipilih pengguna, pertama Check URL untuk memeriksa ketersediaan media pada tautan tersebut dan Paste berguna untuk menempelkan link video Instagram.
  4. Tempel link video Instagram pada kolom tersedia kemudian secara otomatis akan menampilkan video pratinjau yang disertai button untuk mengunduh.
  5. Tap button “Download dan tunggu hingga proses pengunduhan berjalan sampai selesai.
  6. Apabila sudah selesai dapat melihat pada tab History. Berkas video sudah berhasil tersimpan pada internal storage perangkat pengguna.

2. Menggunakan Aplikasi InstaSaver

Aplikasi berikut ini memiliki bentuk motif ikon hampir mirip dengan Instagram. Hanya saja simbolnya berbentuk lingkaran dengan “tanda panah ke bawah”. Sesuai dengan namanya perangkat lunak tersebut mampu menyimpan konten postingan IG baik gambar maupun video sesuai keinginan pengguna.

Langkah pertama yang dapat dilakukan pengguna adalah mengunduhnya lewat Google Playstore sampai terinstall secara otomatis. Setelah itu tahap-tahap menyimpan video Instagram adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram dan cari postingan video yang ingin disimpan.
  2. Tap pada tanda titik tiga vertikal kemudian pilih opsi Copy Link.
  3. Buka aplikasi InstaSaver. Pengguna nantinya disuguhkan banyak pilihan. Sesuaikan dengan tautan video IG yang telah disalin tadi.
  4. Pilih opsi Insta Post Downloader. Apabila muncul noifikasi perizinan akses klik “Allow” atau “Izinkan”.
  5. Tap button “Paste untuk menempelkan tautan pada kolom tersedia.
  6. Secara otomatis akan menampilkan video pratinjau yang sesuai dengan link video Instagram tadi.
  7. Pengguna akan diperlihatkan tiga button yakni Play, Cancel dan Save Video.
  8. Tap button “Save Video untuk menyimpan berkas video IG.
  9. Pengguna akan menerima notifikasi bahwa video telah tersimpan pada direktori penyimpana internal perangkat.
  10. Pengguna dapat menuju direktori hasil penyimpanan video tersebut sekaligus mengganti nama berkasnya apabila diperlukan.

3. Menggunakan Aplikasi InstDownload

Cara Menyimpan Video dari Instagram dengan Aplikasi

Salah satu aplikasi yang populer digunakan untuk menyimpan video IG adalah InstDownload. Perangkat lunak ini tersedia secara gratis di Google Playstore. Saat ini seiring dengan pembaruan namanya berubah menjadi Downloader for Instagram: Photo and Video Saver namun fungsinya tidak berubah.

Tampilan antarmukanya masih mempertahankan motif lama mirip dengan versi Instagram lawas saat belum lama diperkenalkan. Apabila pengguna menemukan berkas video menarik dan ingin menyimpannya, InstDownload dapat membantu melakukannya dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Unduh terlebih dahulu InstDownload atau Downloader for Instagram: Photo and Video Saver secara gratis lewat Google Playstore kemudian tunggu hingga pemasangan aplikasi selesai.
  2. Buka aplikasi Instagram dan pastikan pengguna sudah dalam keadaan login ke dalam sistem.
  3. Cari video atau postingan yang diinginkan, usahakan video tersebut tidak privasi atau dihapus.
  4. Kemudian pada postingan, tap tanda titik tiga vertikal pilih Copy Linkatau “Salin Tautan”.
  5. Buka aplikasi Downloader for Instagram: Photo and Video Saver yang telah terpasang di perangkat smartphone pengguna kemudian paste link video Instagram tadi.
  6. Kemudian tap opsi Download kemudian tunggu beberapa saat hingga button “Download Videoatau Download Fototerlihat.
  7. Kemudian tap button “Download Videountuk mengunduh berkas multimedia Instagram tersebut.
  8. Pengguna akan diberi notifikasi mengenai direktori penyimpanan dan nama berkas video.
  9. Tap lagi button “Download tunggu hingga prosesnya sampai selesai.
  10. Apabila berkas video selesai diunduh coba lakukan pemutaran lewat aplikasi Downloader for Instagram: Photo and Video Saver atau media player lainnya.

Demikianlah pembahasan terkait dengan cara menyimpan video dari Instagram dengan aplikasi yang dapat dilakukan lewat beberapa aplikasi khusus. Konsep kerjanya tidak lain adalah memanfaatkan tautan posting kemudian dikonversi menjadi berkas sebagaimana dapat diunduh dan disimpan ke galeri ponsel.

elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *