elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Cara Menyimpan Video Instagram Tanpa Aplikasi dan Mudah Dilakukan

cara menyimpan video Instagram tanpa aplikasi

Aplikasi media sosial Instagram saat ini semakin meningkat penggunanya. Berbagai postingan tidak hanya berupa teks saja, bahkan sudah dilengkapi fitur live story khusus yang semakin menarik untuk digunakan. Di sisi lain juga tidak jarang cara menyimpan video Instagram tanpa aplikasi dibutuhkan untuk menemukan konten kesukaan.

Hal-hal yang Diperlukan Ketika Menyimpan Video Instagram Tanpa Aplikasi

Apabila pengguna tidak ingin melibatkan aplikasi untuk menyimpan video yang disukainya, langkah alternatif dapat diambil lewat penggunaan situs penyedia unduhan. Cara lainnya adalah dengan memasuki direktori inti sistem Android untuk mendapatkan berkas multimedia tersebut.

Penerapan cara menyimpan video Instagram ke galeri tanpa aplikasi ini membutuhkan perangkat komputer atau smartphone disertai koneksi Internet. Keterlibatan browser juga diperlukan khususnya untuk mengunjungi situs penyedia unduhan berkas multimedia tersebut. Baik menggunakan Google Chorme atau Firefox.

Hal terpenting lainnya yang perlu diperhatikan adalah pastikan video tersebut diposting secara publik bukan diprivasi. Sebab Instagram memungkinkan pengguna untuk membagi berkas video secara private atau kepada pengguna tertentu/dikenal olehnya. Pastikan juga bahwa konten tersebut belum dihapus.

Beberapa Cara Menyimpan Video Instagram Tanpa Aplikasi

Instagram memang memberi kebebasan bagi penggunanya untuk memposting status dengan konten gambar atau video. Selain itu banyak user lain bisa melihatnya. Terkadang mereka disuguhi sesuatu yang unik, menarik dan menginspirasi. Lantas bagaimana cara untuk menyimpannya?

1. Menyimpan Video Instagram Lewat Sistem Direktori Android

Video di Instagram dapat disimpan dengan cara menelusuri sistem inti dari smartphone Android. Cara ini tidak dapat diterapkan pada perangkat komputer atau laptop dengan OS Windows atau Linux. Pastikan terlebih dahulu bahwa pengguna sudah dalam keadaan login IG untuk menemukan video favoritnya.

Bagi pengguna smartphone Xiaomi cara ini dapat berjalan lebih efektif karena sudah dilengkapi dengan file manager. Tujuannya adalah agar dapat mengganti ekstensi berkas menjadi format video MP4. Cara-cara untuk menjalankannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone pengguna. Pastikan pengguna sudah dalam keadaan login agar memudahkan dalam pencarian video.
  2. Cari video yang diinginkan lewat kotak pencarian pada bagian paling atas aplikasi Instagram.
  3. Apabila sudah menemukannya, tonton video tersebut sampai selesai.
  4. Tap ikon bergambar folder dengan tulisan “File Saya” atau “File Manager”.
  5. Tap opsi “Penyimpanan Internal”, pilih folder “Android” kemudian tap “Data”.
  6. Di dalam direktori “Data” temukan folder “com.Instagram.android” masuk ke dalamnya dan tap folder “Cache”.
  7. Cari berkas dengan ukuran sekitar 1 Megabyte atau lebih karen merupakan cache video IG yang telah disaksikan tadi.
  8. Ubah nama berkas tersebut, biasanya berekstensi “.clean” menjadi .mp4.
  9. Selanjutnya pindah berkas yang telah diganti namanya ke direktori lain yang diinginkan.

2. Menyimpan Video Instagram Lewat Perangkat Komputer

Instagram juga tersedia dalam versi web yang dapat diakses melalui perangkat komputer. Apabila pengguna ingin menyimpan video IG yang unik dan menarik, lakukan login terlebih dahulu agar dapat menemukan konten multimedia sesuai keinginan. Cara ini membutuhkan browser untuk mengunjunginya.

Selain itu alamat situs lain seperti w3toys.com juga perlu dikunjungi untuk mengunduh berkas video IG sebelum nantinya disimpan pada direktori penyimpanan internal PC atau laptop. Langkah-langkah lebih jelas dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Buka browser pada perangkat PC atau Laptop, baik menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, Vivaldi dan sebagainya.
  2. Ketikkan alamat Instagram.com pada address bar browser kemudian login dengan memasukkan username dan kata sandi.
  3. Cari postingan video yang ingin diunduh kemudian klik kanan hingga muncul opsi “Buka Tautan di Tab Baru”. Salin tautan di address bar halaman tersebut.
  4. Kemudian buka tab baru dan silahkan menuju situs w3toys.
    Cara Menyimpan Video Instagram Tanpa Aplikasi
  5. Paste tautan Instagram yang telah disalin tadi ke kolom “Instagram Image or Video Link”. Klik button “Download”. Tunggu hingga proses menyediakan berkas video tuntas dilakukan.
    Menyimpan Video Instagram Lewat Perangkat Komputer
  6. Klik opsi “Download file” unduh mengunduh video Instagram tersebut. Tunggu sampai selesai.
  7. Silahkan periksa berkas tersebut dan ganti namanya sesuai keinginan.

3. Menyimpan Video Instagram Lewat Perangkat Smartphone

Dalam menerapkan cara menyimpan video Instagram tanpa aplikasi kali ini dilakukan lewat perangkat smartphone. Pastikan pengguna sudah dalam keadaan login aplikasi IG. Perhatikan pula koneksi internet apakah stabil atau tidak untuk memperlancar penyimpanan berkas ke direktori internal ponsel pintar.

Pengguna dapat lebih dahulu membuka aplikasi Instagram dan cari berkas video yang ingin disimpan. tap pada tanda titik tiga vertikal dan pilih opsi “Salin Tautan”. Setelah itu pengguna dapat mengikuti tahap-tahap berikut ini:

  1. Buka situs ingramer terlebih dahulu. Kelebihan dari situs ini adalah tidak hanya konten video, tetapi konten sejenis foto, stories, IGTV dan konten lainnya juga dapat didownload.
    Menyimpan Video Instagram Lewat Perangkat Smartphone
  2. Tunggu hingga halaman terbuka sepenuhnya, kemudian tempelkan tautan berkas video Instagram yang telah disalin tadi pada kolom “Download Video”.
  3. Tap button biru bertuliskan “Search”. Web akan mencari berkas video tersebut kemudian menyediakan link untuk mengunduhnya.
    cara menyimpan video Instagram tanpa aplikasi perangkat smartphone
  4. Pengguna akan disuguhi video pratinjau yang dapat diputar dan button “Download” pada layar videonya.
  5. Tap button “Download” dan tunggu hingga proses pengunduhan selesai.
  6. Periksa apakah berkas video sudah masuk ke direktori penyimpanan internal smartphone atau belum. Ubah namanya bila perlu karena file name hasil pengunduhan belum beraturan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menyimpan video Instagram tanpa aplikasi yang dapat diterapkan melalui penggunaan smartphone maupun perangkat komputer. Namun semua kembali lagi kepada pilihan pengguna untuk menggunakan teknik mana menurutnya dapat diterapkan dengan mudah. Pastikan pula menggunakan jaringan internet yang stabil dan kencang.

elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Cara Menyimpan Video dari Instagram dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Hadirnya perangkat lunak tidak hanya disediakan untuk PC atau laptop saja. Seiring perkembangan zaman kiprahnya terlihat mampu merambah ponsel pintar. Termasuk ketika menerapkan cara...
elsagara
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *