Contoh Alamat Email yang Baik untuk Pribadi, Pekerjaan dan Profesional

Contoh alamat Email disesuaikan dengan kebutuhan untuk apa pengguna membuat alamat Email tersebut. Namun, sebelumnya penting untuk pengguna baru Email mengetahui pengertian dari Email sendiri.

Email memiliki pengertian, yaitu sebagai sebuah sarana yang memudahkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan secara digital menggunakan internet, serta jaringan pada komputer. Email memudahkan pengguna untuk tidak perlu repot mengirim berkas menggunakan pos yang biasanya memerlukan waktu lebih lama.

Saat ini, kemudahan teknologi membuat sebagian besar orang lebih memilih menggunakan Email ketimbang surat fisik yang dikirimkan melalui pos, sehingga kegunaan Email berkembang seiring dengan kebutuhan penggunaannya.

Contoh Alamat Email untuk Pribadi

Hampir setiap orang saat ini membutuhkan Email untuk berkirim pesan baik demi memenuhi keperluan pribadi ataupun secara profesionalitas kerja. Berikut beberapa contoh alamat email yang biasa digunakan untuk pribadi :

1. Contoh Alamat Email Menggunakan Alamat Gmail

Sesuai dengan namanya, maka alamat Email yang menggunakan Gmail selalu diakhiri dengan @gmail.com atau @gmail.co.id.

Biasanya, alamat Email menggunakan kombinasi angka yang mudah diingat, bisa angka tanggal lahir, tahun lahir, atau angka yang memiliki kesan tersendiri bagi pengguna. Berikut beberapa contoh nama-nama alamat Email menggunakan Gmail :

2. Contoh Alamat Email Menggunakan Alamat Yahoo Mail

Meski mulai jarang digunakan, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada beberapa orang yang menggunakan Yahoo Mail untuk berkirim pesan secara digital. Berikut beberapa contoh nama-nama alamat Email menggunakan Yahoo Mail :

3. Menggunakan Layanan Email Gratis Lainnya

Sebelum memutuskan nama Email yang tepat, ada baiknya untuk memilih alamat Email yang mudah diingat, karena saat ini hampir semua pengisian biodata harus mencantumkan alamat Email. Kombinasi angka seperti yang tertera di atas bisa menjadi salah satu referensi nama Email.

Tidak Hanya untuk Pribadi, Perusahaan juga Butuh Alamat Email Resmi Beserta Contoh Alamat Email

Berbeda dengan alamat Email yang biasa digunakan oleh seseorang untuk keperluan pribadi, perusahaan juga wajib memiliki alamat Email, namun haruslah mengandung unsur yang bisa menunjukkan keprofesionalitasan perusahaan.

Saat ini, branding menjadi suatu kekuatan bagi sebuah perusahaan, salah satu bentuk branding adalah dengan membuat website perusahaan mandiri dan membeli domain agar tidak menggunakan website atau Email gratis sebagai alat komunikasi perusahaan dengan publiknya.

Ketika membeli domain dengan harga yang tidak murah, perusahaan akan mendapatkan Email gratis dengan domain sendiri. Contohnya, PT. Santosa Mulia, ketika membuat website menggunakan alamat www.santosamulia.com.

Alamat tersebut akan memudahkan publik mendapatkan informasi mengenai PT Santosa Mulia dengan membuka websitenya. Perusahaan juga bisa mendapatkan mail dengan nama belakang @santosamulia.com. Jadi tidak lagi menggunakan Gmail atau Yahoo Mail seperti saat membuat Email pribadi.

Dengan menggunakan nama perusahaan sebagai alamat Email, membuktikan bahwa perusahaan telah berdiri secara resmi, sehingga tidak tergantung dengan pelayanan jasa komunikasi yang berbau gratis. Semua dipersiapkan dengan matang.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk menentukan alamat Email perusahaan secara professional sebagai bentuk branding :

Contoh Alamat Email bagi Setiap Divisi atau Departemen Perusahaan

Umumnya, perusahaan yang sudah berdiri professional dalam jangka waktu yang lama dan sudah mencakup target pasar yang luas memiliki beberapa divisi-divisi dan departemen yang berbeda.

Oleh sebab itu, perusahaan menyesuaikan kebutuhannya berdasarkan dari divisi atau departemen tersebut, termasuk menyediakan alamat Email yang menjadi bagian penting dalam kelangsungan pekerjaan mereka.

Setiap divisi penting untuk memiliki alamat Emailnya sendiri karena penting juga untuk membedakan berdasarkan bagian pekerjaannya.

Berikut beberapa contoh nama alamat Email yang bisa digunakan berdasarkan departemen yang ada di perusahaan :

Contoh Alamat Email Menggunakan Nama Pegawai yang Berposisi Penting di Perusahaan

Seringkali saat berurusan dengan seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan, mereka menyerahkan alamat Email yang disertai dengan nama perusahaan tempat mereka bekerja. Hal itu dikarenakan perusahaan tempat mereka bekerja mewajibkan seluruh karyawannya untuk menggunakan Email yang disediakan oleh perusahaan.

Email ini seharusnya bersifat personal, karena dikelola secara mandiri oleh perorangan, akan tetapi Email ini juga digunakan untuk keperluan pekerjaan yang menyangkut dengan bagian tugas dari orang tersebut.

Misalnya, apabila orang tersebut bekerja di bagian marketing, maka setiap publik eksternal, seperti pihak pengajuan proposal sponsorship, bisa mengajukan proposalnya dengan mengirim proposal tersebut ke Email personal orang yang bekerja di bagian marketing.

Berikut beberapa contoh nama Email pegawai yang bekerja di suatu perusahaan besar :

Mengapa Perusahaan Harus Memiliki Email Resmi?

Sebuah survey membuktikan bahwa sebanyak 90% konsumen memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap perusahaan yang memiliki alamat Email resmi untuk berkomunikasi baik dengan publik internal maupun eksternalnya.

Oleh sebab itu, perusahaan pasti memiliki tujuan khusus untuk membuat Email resminya. Berikut beberapa alasan yang menjadikan perusahaan harus memiliki Email yang resmi :

1. Menjaga Image Perusahaan

Bisnis selalu berkaitan erat dengan keprofesionalitasan, oleh sebab itu sebuah perusahaan pasti akan mempersiapkan kebutuhannya secara mendetail. Kualitas menjadi salah satu hal yang penting, maka perusahaan besar tidak ada yang menggunakan pelayanan komunikasi maupun teknologi yang gratis, termasuk membeli alamat Email.

Alamat Email yang gratis, biasanya akan terlihat, seperti @gmail.com atau @yahoo.com. Berbeda dengan alamat Email yang berbayar, kualitas yang didapatkan jauh dibandingkan dengan alamat Email yang gratis.

Untuk menonjolkan perusahaan yang professional, maka perusahaan akan membeli alamat Email agar nama perusahaannya bisa menggantikan kata gmail.com maupun yahoo.com. Karena hal tersebut berkaitan dengan image suatu perusahaan.

Image perusahaan yang baik akan membuat bisnis berjalan lebih lancar dan sukses. Oleh sebab itu, seluruh perusahaan besar kini telah memiliki alamat Email resminya sendiri.

2. Upaya untuk Melakukan Branding dalam Bisnis

Salah satu upaya untuk melakukan branding adalah dengan mengirimkan pesan kepada calon konsumen mengenai penawaran atau launching produk baru.

Apabila setiap hari perusahaan mengirimkan 150 pesan melalui Email setiap harinya, maka kemungkinan ada 150 orang yang tau mengenai perusahaan atau produk yang dikeluarkan.

Sebagai konsumen, seringkali kita mendapatkan pesan-pesan dari brand-brand ternama, mulai dari fashion, e-commerce, dan masih banyak lagi. Mereka sering mengirim berbagai pesan yang berkaitan dengan produk maupun promo yang mereka keluarkan.

Tentunya, mereka mengirim informasi tersebut menggunakan alamat Email resmi agar calon konsumen percaya. Dengan begitu, secara tidak langsung, calon konsumen akan mendapatkan pengetahuan lebih mengenai perusahaan maupun produk yang diinformasikan melalui Emailnya.

3. Bertujuan untuk Membangun Kepercayaan Calon Konsumen serta Kredibilitas Perusahaan

Penipuan menjadi penyebab kurangnya kepercayaan dari calon konsumen terhadap informasi yang diterimanya. Jika perusahaan tidak menggunakan Email resmi, tetapi malah menggunakan Email gratis seperti Gmail dan Yahoo Mail, maka kemungkinan besar calon konsumen akan merasa bahwa informasi dari Email tersebut adalah penipuan.

Bagaimana bisa? Karena, mereka tidak bisa mengetahui dengan jelas siapa yang mengirim informasi tersebut. Berbeda jika menerima Email langsung dari perusahaan yang resmi, maka kredibilitasnya tidak akan dipertanyakan.

4. Memberikan Impresi yang Baik kepada Calon Konsumen

Untuk memberikan kesan pertama yang baik, membuat Email resmi adalah salah satu caranya. Ketika calon konsumen pertama kali menerima Email, mereka pasti akan melihat terlebih dahulu siapa yang mengirim Email ini sebelum membaca isi pesannya.

Impresi pertama saat menerima Email dari perusahaan besar yang kredibilitasnya tidak perlu lagi diragukan, calon konsumen akan lebih suka membacanya dan merasa bahwa pesan tersebut tidak akan menimbulkan kerugian untuknya.

5. Mudah dan Tidak Membutuhkan Dana yang Terlalu Besar

Tidak membutuhkan dana yang terlalu besar untuk membuat domain dan Email resmi perusahaan. Saat ini sudah banyak jasa pembuatan website yang bisa menyesuaikan kebutuhan perusahaan, selain itu pembelian domain juga sudah include dengan Email sendiri.

Fungsi Email dalam Menjalankan Aktivitas Sehari-hari

Secara basic, Email memang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan. Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, fungsi Email juga ikut berkembang dan menjadi salah satu kebutuhan wajib setiap orang.

1. Email Dibutuhkan untuk Mendaftar Media Sosial

Sebelum memiliki media sosial, kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu agar mendapatkan sebuah akun yang bisa dioperasikan baik secara pribadi maupun untuk kepentingan organisasi atau perusahaan.

Agar bisa melakukan aktivasi di website media sosial, calon pengguna harus mengisi alamat Email pada kolom yang disediakan. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pengelola media sosial untuk memberikan informasi kepada penggunanya melalui Email.

Tidak hanya saat mendaftarkan diri di akun media sosial, mendaftarkan diri di akun e-commerce juga berlaku demikian.

2. Pentingnya Memiliki Email Sebagai Identitas

Aktif di dunia maya, wajib memiliki Email sebagai identitas diri. Seluruh akses internet umumnya menggunakan data pribadi, sehingga dapat memudahkan semua pihak untuk menghubungi penggunanya melalui Email.

Pihak yang dimaksud bisa saja pengelola e-commerce, media sosial, perusahaan tempat pengguna Email berbelanja, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan pengguna saat mengakses internet.

Setiap pengguna memiliki kewajiban untuk membuat Email terlebih dahulu sebelum mendaftarkan diri untuk mengakses teknologi informasi dan komunikasi berbasis internet. Karena, memiliki Email sudah merupakan persyaratan mutlak untuk bisa menggunakan berbagai layanan digital.

3. Email Berfungsi Sebagai Media Pemasaran

Untuk meningkatkan penjualan, pelaku bisnis menggunakan Email sebagai sarana pemasaran. Tips ini sering dilakukan oleh para penjual online shop maupun perusahaan besar untuk bisa menyampaikan informasi menarik terkait dengan produk yang dijualnya.

Dalam dunia pemasaran online, cara promosi dengan mengirimkan pesan menggunakan Email terbilang cukup tua, namun tidak sedikit yang masih menggunakan cara ini karena dipercaya merupakan jenis pemasaran online yang cukup efektif untuk dilakukan.

4. Sebagai Bukti Adanya Komunikasi Antar Kedua Belah Pihak atau Lebih

Dulu, sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang, untuk memperkuat sebuah perjanjian selalu ada istilah “ada hitam di atas putih”. Saat ini, istilah tersebut mulai tergantikan dengan adanya Email yang bisa memperkuat bukti sebuah perjanjian, dengan menyertakan transkrip pembicaraan antara pihak yang terlibat.

Sehingga, apabila terjadi perdebatan di kemudian hari, pembawa bukti cukup menunjukkan transkrip Email yang pernah terjadi antara pihak-pihak terlibat.

5. Sebagai Media untuk Mengirim Dokumen Penting

Tidak hanya perusahaan, mahasiswa seringkali juga berurusan dengan file-file dokumen penting yang bisa menunjang kelulusannya.

Email bisa menjadi sarana untuk mengirim file dokumen berbentuk soft file, sehingga lebih praktis dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Proses pengiriman dokumen juga lebih aman, karena biasanya hanya individu atau perusahaan terkait yang bisa mengakses Email agar bisa mengunduh atau mengirim dokumen pentingnya.

6. Tidak Terbatas Time Zone.

Berbeda dengan SMS atau call langsung ke nomor yang ingin dituju, saat mengirim Email pengirim tidak perlu mengkhawatirkan soal waktu karena tidak akan mengganggu si penerima.

Pengirim bisa mengirimkan pesan di jam berapapun yang diinginkan, karena notifikasi Email yang bunyinya tidak se-intens panggilan dering atau SMS.

Cara Membuat Alamat Email Sendiri

Membuat Email tidak membutuhkan banyak waktu atau biaya, bahkan gratis. Calon pengguna Email bisa langsung membuatnya sendiri tanpa memerlukan bantuan professional.

Bagi yang belum pernah membuat Email, berikut cara membuat Email yang sangat mudah :

1. Memilih Alamat Email yang Sesuai dengan Kebutuhan

Terdapat beberapa alamat Email yang bisa dipilih oleh pengguna, diantaranya adalah Gmail dan Yahoo Mail. Umumnya, kini sebagian besar orang telah beralih menggunakan Gmail karena lebih mudah untuk melakukan akses dengan beberapa akun, seperti Google Play Store.

Google Play Store biasanya akan langsung terhubung dengan akun Gmail pengguna, tentunya hal ini berlaku bagi pengguna Android. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa pengguna App Store juga memilih Gmail ketimbang Yahoo.

2. Membuka Website Alamat Email yang Dipilih

Setelah menentukan akan menggunakan Gmail atau Yahoo Mail, pengguna langsung saja membuka website dari alamat tersebut, yaitu www.gmail.com atau www.yahoo.com pada browser yang dimiliki oleh pengguna.

Membuka website bisa dilakukan melalui PC, laptop, atau bahkan smartphone.

3. Mengisi Data Diri Pribadi

Setelah membuka website, pengguna langsung masuk ke pilihan create an account, dan langsung mengisi data diri dengan lengkap yang diperlukan untuk mendapatkan username Email pribadinya.

4. Memilih Username yang Sesuai dengan Keinginan Pengguna

Setelah memasukkan data diri secara lengkap, maka web akan memberikan beberapa pilihan username yang tidak banyak digunakan. Apabila tiba-tiba muncul tulisan That username is taken, maka sebaiknya mengganti username yang baru yang unik dan tidak digunakan oleh pengguna lain. Caranya, bisa dengan menambahkan angka.

5. Step Akhir

Setelah semua step dilakukan, langsung click next step dan akan muncul agreement. Tinggal klik I Agree untuk melengkapi prosesnya.

Kesimpulan

Penting untuk mempelajari dengan baik mengenai manfaat dan fungsi memiliki Email. Tidak sesederhana itu, Email memiliki berbagai aspek yang bisa membantu jalannya bisnis dan pekerjaan pribadi, baik untuk organisasi maupun personal.

Saat ini, satu pengguna juga bisa memiliki beberapa akun Email untuk menyesuaikan dengan kebutuhannya. Apalagi cara mengoperasikan dan mendaftarkan Email terbilang cukup mudah, murah, bahkan gratis.

Meski telah muncul berbagai platform, seperti media sosial, Email masih tetap eksis digunakan untuk keperluan pribadi maupun perusahaan besar. Email bukan hanya bisa menjadi komunikasi satu arah, tetapi juga bisa menjadi komunikasi dua arah, karena konsumen bisa membalas langsung pesan yang dikirim oleh perusahaan.

Terdapat berbagai pilihan nama yang bisa digunakan untuk membuat alamat Email. Jika belum menemukan alamat Email yang sesuai, pengguna bisa mencari referensi terkait dengan contoh alamat Email.

Leave a Comment