elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Membuat Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

Membuat Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

Membuat Artikel SEO Friendly – Memasuki era big data, peran media online seperti website atau blog seakan menjadi harapan bagi sebagian orang untuk membuka berbagai peluang usaha yang bisa mendatangkan pundi-pundi uang. Mulai dari menjadi Publisher AdSense, Paid promotion, Guest Post, dan beragam penawaran jasa yang tentu tidak lepas dari peran blog atau website.

Meskipun sekilas terdengar mudah, tapi tahukah kamu bahwa untuk menjadi seorang blogger atau webmaster dibutuhkan beberapa skill yang bisa dibilang merupakan fondasi bagi seorang blogger untuk bisa langgeng bertahan di dunia persilatan. Dan diantara skill paling utama tersebut adalah kemampuan dalam menguasai tehnik SEO (Search Engine Optimization). Penguasaan teknik SEO akan mendukung seseorang untuk merajai halaman pertama Google yang merupakan sumber trafik terbesar bagi sebuah blog atau pun website. Kemampuan mengundang trafik melalui mesin pencari inilah yang biasa dikenal dengan sebutan penguasaan teknik SEO. Dan seperti judul yang telah saya sampaikan diatas, pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan beberapa langkah cara membuat artikel SEO friendly dan tentunya ramah kepada mesin pencari.

1. Sub Heading

Kaidah SEO pertama yang akan saya sampaikan adalah mengenai penggunaan sub heading. Penggunaan sub heading dalam sebuah artikel akan memberikan efek booster yang cukup ampuh dalam menunjang artikel untuk naik ke halaman pertama Google. Robot Google akan membaca sub heading sebagai cabang ataupun suatu turunan dari judul utama dari sebuah artikel. Namun tidak sampai disitu, perlu diingat bahwa sub heading yang baik adalah sub heading yang didalamnya terkandung keyword ataupun kata kunci yang ingin dibidik.
Sebagai contoh: Judul utama artikel adalah Cara Menjadi Pria Tampan 100% Work. Maka dalam penulis sub heading usahakan sebisa mungkin untuk membuat keyword “Pria Tampan” masuk didalamnya. Disamping memasukkan keyword dalam sub heading, perhatikan pula proporsional sub heading. Jangan sampai jumlah sub heading yang terlampau banyak membuat robot mesin pencari curiga, sehingga menandai artikel kamu sebagai spam. Bukan masuk halaman pertama Google, yang ada malah masuk sandbox. 

2. Alt Tag Pada Gambar

Salah satu poin penting yang sering diabaikan oleh blogger pemula adalah lupa memberikan alt+tag pada image post. Padahal, selain membantu optimasi artikel di halaman web Google, pemberian alt+tag juga mampu meningkatkan optimasi post yang kamu miliki pada halaman image Google. Jadi, sekiranya sebuah artikel BELUM masuk pada halaman pertama web Google, dengan pemberian alt+tag biasanya akan mendorong post yang kamu miliki muncul di jajaran atas pada pencarian image. Oleh sebab itu, penggunaan alt+tag pada post memberikan dua keuntungan. Yang pertama adalah optimasi post pada halaman web Google dan yang kedua adalah optimasi post pada halaman image Google. 

3. Menebar Keyword Secara Natural dan Merata

Keyword atau kata kunci adalah sebuah hal yang penting dalam optimasi sebuah post atau artikel pada blog. Dan untuk menghasilkan sebuah post yang teroptimasi secara maksimal adalah dengan menebar keyword secara natural dan merata. Jadi, usahakanlah agar artikel yang kamu buat mengandung keyword. Namun perlu diingat, meskipun dianjurkan untuk menebar keyword secara merata, perhatikan pula proporsional keyword yang ada didalam artikel. Jangan sampai jumlah keyword menjadi berlebihan sehingga terdeteksi sebagai spam. Dan satu hal yang paling penting adalah bagaimana membuat artikel kamu bisa terlihat secara natural dan nyaman untuk dibaca oleh pengunjung blog.

4. Pemilihan keyword

Masih tentang keyword, untuk mengundang trafik ke dalam blog atau website, pemilihan keyword yang potensial memiliki ilmu tersendiri. Namun perlu diketahui, kesalahan dalam memilih keyword akan membuat kerja keras kamu terasa sia-sia. Sebab, sekalipun post yang kamu miliki berada pada halaman pertama Google, jika tidak ada pengguna yang membutuhkan post atau artikel yang kamu buat, maka tidak akan ada pula yang mengetik keyword tersebut di mesin pencari Google. Meskipun ada, saya yakin yang mengetikkan keyword tersebut sangat sedikit atau hanya kamu seorang. 
 

5. Memasukkan Internal Link Yang Relevan

Bot Google adalah mesin yang cerdas, ia mampu membaca tingkat relevansi link yang terdapat pada sebuah artikel. Apabila bot mendeteksi tingkat relevansi link yang tinggi pada sebuah artikel, hal tersebut akan membantu Google dalam memberi nilai positif pada artikel yang kamu buat. 

6. Backlink Optimization

Ini hanya tambahan saja, karena optimasi backlink merupakan salah satu teknik SEO off-page. Akan tetapi, sejak era awal dunia persilatan blog hingga kini, optimasi artikel dengan menggunakan backlink berkualitas masihlah sangat terbukti ampuh. Penggunaan backlink berkualitas yang saya maksud disini ialah penanaman link pada sebuah web/blog yang memiliki tingkat relevansi tinggi dengan artikel yang kamu buat. Tidak lupa pula untuk memperhatikan beberapa langkah penanaman backlink yang baik dan benar, seperti: pilihlah blog/web yang memiliki tingkat authority tinggi, hindari penanaman backlink pada domain yang memiliki spam score tinggi, gunakan anchor text pada link yang akan kamu tanam, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Wajib Dicoba! Game Ringan dan Kecil Terbaik Mengusir Bosan

Itu saja beberapa poin penting dalam membuart artikel SEO friendly yang saya bahas kali ini. Sebenarnya masih ada banyak lagi poin-poin penting yang wajib diperhatikan untuk meningkatkan optimasi sebuah artikel. Mungkin, next time akan saya bahas lagi lanjutan tips lainnya. Doakan saja hehe.

Tetap semangat, semoga bermanfaat!

elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *