elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Pengertian Search Engine: Sistem dan Macam-Macam Search Engine

Pengertian Search Engine: Sistem dan Macam-Macam Search Engine

Pengertian Search Engine – Search engine atau mesin pencari memiliki peran yang sangat penting di dunia maya. Banyak pengguna internet yang terbantu dengan adanya search engine.

Saat mencari informasi yang akurat, maka layanan search engine dapat digunakan semaksimal mungkin. Selain mempermudah pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari, search engine dapat difungsikan juga sebagai media yang menjembatani pengunjung dengan website.

Pengertian Search Engine

Lalu apa itu search engine? Secara umum pengertian search engine adalah program yang ditujukan untuk mencari informasi, data atau dokumen menggunakan kata kunci yang spesifik. Mesin ini dapat mengarahkan ke website yang diinginkan. 

Hal ini membantu website untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Dengan adanya mesin pencari, konten dalam website dapat dioptimalkan dan dapat membantu untuk terus naik.

Bagaimana Search Engine Bekerja?

Setelah mengetahui apa itu search engine, sebaiknya Kamu juga mengetahui bagaimana search engine ini bekerja.  Jika dilihat secara menyeluruh, search engine sebenarnya merupakan perpustakaan elektronik. Perpustakaan ini menghubungkan mesin pencari dengan miliaran data online yang berada di semua website yang ada di seluruh dunia.

Dengan memasukkan kata kunci, pengunjung akan mendapatkan seluruh data yang berhubungan dengan kata kunci tersebut sebagai hasil dari pencariannya. Search engine mengirimkan sinyal dan mengumpulkan semua dokumen menggunakan beberapa program seperti web spider, indexer, robot spider dan web crawler. Hasil pencarian masing – masing program ini kemudian membangun index internet yang tersaji saat kita memasukkan kata kuncinya.

Macam – Macam Search Engine

Untuk menambah informasi selain pengertian search engine, Kamu juga perlu mengetahui macam – macam search engine. Jika sebagian orang hanya mengetahui Google sebagai satu-satunya mesin pencari maka orang – orang tersebut kurang begitu paham dengan dunia internet.

Sebenarnya terdapat banyak jenis search engine yang dapat digunakan untuk browsing dan menemukan apa yang ingin Kamu cari di internet. Setiap mesin pencari memiliki karakteristik masing – masing.

Berikut macam – macam search engine yang dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya.

1. Google

search engine google

Siapa yang tak kenal Google? Google adalah mesin pencari yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh peselancar di internet. Oleh karenanya, Google disebut sebagai “The King Of Search Engine”. Google merupakan perusahaan milik Amerika Serikat yang didirikan oleh Larry Page. Disini Kamu juga dapat mengetahui cara mendapatkan uang dari google adsense tanpa blog

2. Yahoo

search engine yahoo

Yahoo Search merupakan mesin pencari terbesar kedua setelah Google.Yahoo juga sama dengan Google, berpusat di Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan oleh Jery Yang dan David Filo.Yahoo juga menyediakan fasilitas berupa email gratis sama seperti yang dilakukan oleh Google dengan Gmail nya. Yahoo merupakan mesin pencari yang memiliki beberapa macam kategori seperti gambar, website, berita, audio, dan video. 

3. Bing

mesin pencari bing

Bing merupakan search engine yang diciptakan oleh Microsoft melalui Steve Ballmer. Mesin pencari Bing ini merupakan pembaharuan dari mesin pencari sebelumnya seperti Live Search, MSN Search dan Windows Live Search. Bing dipercaya memberikan hasil yang lebih akurat karena menggunakan teknologi PowerSet. 

4. Yandex

mesin pencari yandex

Search engine yang satu ini adalah untuk hasil penelurusan yang berbahasa rusia. Namun, sekarang search engine yang satu ini juga tersedia dalam bahasa lainnya. Selain itu, meskipun jarang digunakan oleh orang Indonesia, Yandex berdasarkan data Alexa merupakan salah satu situs terbesar di dunia.

5. DuckDuckGo

search engine duckduckgo

DuckDuckGo adalah search engine yang tidak akan melacak penggunanya dan mengklaim akan melindungi privasi dari penggunanya. Hal ini dikarenakan DuckDuckGo tidak menggunakan cookie untuk melacak pencarian, mengumpulkan informasi pribadi dan juga melacak IP address dari pengguna search engine tersebut.

Penutup

Itulah tadi pengertian search engine, sistem dan macam-macam search engine yang ada saat ini. Dengan adanya mesin pencari ini diharapkan akan membantu kehidupan manusia dalam mencari sesuatu. Sekaligus juga membantu website dalam mendapatkan pengunjung.

Semoga bermanfaat!

elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *