elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Mencari Susunan Warna Kabel Straight dan Crossover? Cek Detailnya Yuk

Susunan Warna Kabel Straight dan Crossover

Ketika berbicara tentang kabel UTP ada satu pertanyaan yang sering saya dapatkan. Bagaimana susunan warna kabel straight dan crossover yang tepat? Apakah kamu  juga bertanya-tanya tentang hal tersebut? 

Apa Itu Kabel UTP ? 

Kabel UTP merupakan kabel yang digunakan sebagai alat penghubung antara perangkat komputer dengan berbagai peralatan jaringan. Saya biasanya menggunakan kabel ini untuk menghubungkan Hub dan Switch. 

Kabel UTP termasuk jenis kabel yang digunakan untuk jaringan indoor dikarenakan kabel hanya dilapisi oleh 1 bagian saja. Kekuatan dari kabel ini ialah mampu mentransfer kecepatan hingga 1 Gbps dengan jarak hingga 100 meter. 

Susunan Kabel UTP terdiri dari dua jenis yakni Kabel Straight (lurus) dan Kabel Cross (menyilang). Terdapat perbedaan penggunaan dari kedua kabel straight serta kabel cross. 

Baca juga 20 Aplikasi Edit Video PC Tanpa Watermark Gratis 2020.

Penjelasan Kabel Straight 

Susunan kabel pertama yang akan dibahas ialah Kabel Straight (lurus) yang memiliki ciri khas yakni penempatan warna sama di setiap ujungnya. Dengan kata lain, warna 1 pada konektor A dihubungkan dengan warna 1 pada konektor B. 

Selanjutnya warna 2 pada konektor A, saya hubungkan dengan warna 2 pada konektor B, dan seterusnya.  Kabel Straight ini pada umumnya digunakan untuk menghubungkan antara host dengan client. 

Penggunaan kabel straight dibutuhkan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda jenisnya. Misalnya untuk menghubungkan komputer, printer dan perangkat client lainnya dengan hub router (perangkat host). 

Susunan Warna Kabel Straight 

Seperti telah disinggung sebelumnya, urutan warna kabel straight sama pada kedua ujungnya. 

Kabel yang bisa digunakan untuk membuat kabel straight ialah T568B. Berikut ini susunan warnanya. 

Warna pada ujung kabel straight 1:

  1. Putih Orange 
  2. Orange
  3. Putih Hijau 
  4. Biru 
  5. Putih Biru 
  6. Hijau
  7. Putih Coklat 
  8. Coklat 
Susunan warna pada ujung kabel untuk kabel straight
Sumber gambar: hidayatriyan798.wordpress.com

Pada warna ujung kedua susunan warna kabel straight sama seperti diatas, hingga kedua ujung memiliki warna yang identik. 

Fungsi Kabel Straight 

Pada umumnya, penggunaan kabel ini untuk menghubungkan dua jenis perangkat yang berbeda. Berikut ini ialah beberapa jenis perangkat yang bisa dihubungkan dengan kabel straight. 

  • Menghubungkan Komputer dengan Router 
  • Menghubungkan Hub dengan Router 
  • Menghubungkan Switch dengan Router 
  • Menghubungkan Komputer dengan Switch 
  • Menghubungkan Modem dengan Switch 
  • Menghubungkan Switch dengan Access Point 
  • Menghubungkan Router dengan Access Point

Penjelasan Tentang Kabel Crossover 

Selain menggunakan kabel lurus, kabel lainnya yang dapat digunakan untuk membuat jaringan ialah kabel crossover. Seperti namanya, kabel ini memiliki perbedaan warna pada setiap ujung kabel. 

Kabel Crossover merupakan kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer secara langsung. Berbeda dengan kabel straight, kabel crossover ini menggunakan dua standar kabel yang berbeda. 

Pada salah satu ujung kabel menggunakan standar kabel T568A sedangkan pada ujung kabel lainnya menggunakan standar T568B. Kegunaan dari kabel crossover ini ialah mengembalikan sinyal pengiriman dan penerimaan. 

Kabel crossover ini pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua perangkat komputer yang sama. Selain dua perangkat yang sama, kabel ini juga bisa untuk menghubungkan dua perangkat jaringan yang sama. 

Susunan Warna Kabel Crossover

Berbeda dengan kabel straight yang urutan warna pada kedua kabelnya sama, kabel crossover memiliki urutan warna yang berbeda. Berikut ini urutan warna yang harus diperhatikan. 

Warna pada ujung kabel cross 1 (T568B):

  1. Putih Orange 
  2. Orange 
  3. Putih Hijau 
  4. Biru 
  5. Putih Biru 
  6. Hijau 
  7. Putih Coklat 
  8. Coklat 

Warna pada ujung kabel cross 2 (T568A):

  1. Putih Hijau 
  2. Hijau 
  3. Putih Orange 
  4. Biru 
  5. Putih Biru 
  6. Orange 
  7. Putih Coklat 
  8. Coklat 
Susunan warna pada ujung kabel untuk kabel cross
Sumber gambar: sandisetiawan.home.blog

Fungsi Kabel Crossover 

Berikut ini ialah beberapa perangkat maupun device yang bisa dihubungkan dengan menggunakan kabel crossover.

  • Menghubungkan Hub dengan Hub 
  • Menghubungkan Komputer dengan Komputer 
  • Menghubungkan Router dengan Router 
  • Menghubungkan Switch dengan Switch 

Cara Membuat Kabel Straight dan Crossover

Bagi Kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat kabel straight maupun cross over yang tepat, saya akan memberikan beberapa langkah mudah yang bisa diikuti. 

Sebelumnya, Kamu perlu menyiapkan beberapa perlengkapan berikut ini:

  • Kabel UTP atau STP 
  • Konektor RJ 45
  • Tang Crimping 
  • Kabel Tester
  • Pisau Kecil / Cutter

Terdapat empat pasang kabel pada Ethernet kabel sedangkan pada konektor RJ45 terdapat  8 slot pin. Setiap pin diidentifikasikan dengan nomor yang berbeda dari kiri ke kanan, dengan klip yang menghadap berlawanan. 

Setelah menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan ikuti langkah langkah berikut ini. 

  1. Hal pertama yang saya lakukan ialah melepaskan kulit kabel sekitar 1.5 inch atau 3 cm dari bawah ke ujungnya.
  2. Setelah kulit kabel terlepas sebagian, lilitan dari kawat kabel diluruskan kemudian saya mengurutkan warna kabel straight dan cross. Pastikan Kamu telah mengetahui kebutuhan sehingga dapat menentukan kabel yang tepat.
  3. Kemudian ujung kawat kabel dipotong dengan menggunakan tang crimping. Saya memotong bagian ujung kabel dengan sama persis sehingga seluruh bagiannya sejajar. 
  4. Memastikan kembali bahwa susunan warna kabel sudah sesuai dengan standar. Mengambil konektor RJ 45 dan memasukkan kabel secara perlahan secara berurutan sampai ke ujung. 
  5. Untuk memastikan bahwa kabel tidak mudah lepas saat di press, saya memastikan bahwa kulit kabel UTP sedikit masuk.
  6. Kemudian setelah kabel masuk, tekan ujung  kabel konektor dengan lubang konektor yang ada pada crimping tool. 
  7. Saat menekan atau menjepit konektor pastikan terdengar suara kecil seperti ‘clek’ yang menandakan proses berjalan lancar. 
  8. Kemudian saya mengulangi semua langkah diatas pada ujung kabel UTP lainnya.
  9. Untuk memastikan bahwa kabel bisa berfungsi dengan baik, saya menggunakan kabel tester. Dengan memasukkan ujung kabel yang sudah dipasangi konektor RJ 45 ke dalam ujung kabel tester. 
  10. Jika lampu kabel tester menyala secara berurutan, maka pemasangan kabel sudah benar. 

Bagaimana Cara Memilih Kabel Ethernet yang Tepat Untuk Jaringan 

Untuk membuat jaringan ethernet, transmisi dari kabel ethernet sangat mempengaruhi. Berikut ini ialah beberapa faktor yang harus diperhatikan saat memilih kabel yang tepat..

  • Menentukan Jenis Kabel Straight atau Kabel Crossover

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan pengertian antara kabel straight dan kabel crossover. Untuk menentukan jenis kabel mana yang akan digunakan, Kamu perlu mengetahui tujuan dari penggunaan kabel tersebut. 

Dua kabel standar yang digunakan untuk membuat kabel straight ialah T568A dan T568B, tentunya kedua kabel harus menggunakan jenis yang sama. Sementara untuk kabel straight gunakan kedua jenis kabel tersebut pada masing masing kabel. 

  • Panjang Kabel 

Ketika Kamu memilih kabel, perhatikan pula berapa panjang kabel yang dibutuhkan. Panjangnya kabel bisa dihitung dari jarak antara dua perangkat yang ingin dihubungkan. 

Di pasaran, biasanya ukuran kabel yang tersedia ialah 1,3,5,7 dan 10 meter sesuai dengan kebutuhan. Tentunya masih terdapat kabel yang lebih panjang lagi jika memang Kamu memerlukannya. 

Itulah berbagai informasi terkait dengan kabel straight dan crossover beserta dengan susunan warna kabel straight dan crossover. Perhatikan bahwa kedua kabel tersebut memiliki susunan yang berbeda serta fungsi yang berbeda pula untuk menghubungkan berbagai perangkat.

Terima kasih!

elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Cara Menyimpan Video dari Instagram dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Hadirnya perangkat lunak tidak hanya disediakan untuk PC atau laptop saja. Seiring perkembangan zaman kiprahnya terlihat mampu merambah ponsel pintar. Termasuk ketika menerapkan cara...
elsagara
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *