elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Macam-Macam Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)

Teknologi Jaringan Berbasis Luas
Teknologi yang ada sekarang cukup melesat dan beragam. Salah satunya adalah teknologi jaringan berbasis luas. Teknologi ini merupakan bagian dari teknologi jaringan komputer yang ada dan cukup berkembang hingga saat ini. Teknologi jaringan berbasis luas memiliki banyak manfaat yang membantu kehidupan manusia.
Apa itu Teknologi Jaringan Berbasis Luas? Teknologi ini sering juga disebut dengan WAN yang merupakan sebuah jaringan yang mempunyai jarak sangat luas, dengan radius yang bisa mencakup sebuah negara hingga benua. 
Tentunya ada berbagai macam dari teknologi WAN ini. Untuk lebih jelasnya, berikut pembahasannya.

Fungsi Teknologi Jaringan Berbasis Luas

Sebelum membahas lebih jauh macam-macam teknologi WAN, ada baiknya Kamu terlebih dulu mengetahui fungsinya. Berbagai fungsi dari teknologi jaringan komputer yang satu ini adalah sebagai berikut:
  • Dapat menghubungkan jaringan MAN dan LAN ke dalam satu jaringan
  • Sebagai sarana dalam menyampaikan informasi yang lebih mudah, efisien, dan cepat
  • Bisa membantu mempercepat proses sharing file atau berbagi data
  • Update data antar kantor atau perusahaan bisa dilakukan setiap saat dengan murah dan mudah
  • Mempercepat serta mempermudah arus komunikasi dan informasi

Macam-Macam Teknologi Jaringan Berbasis Luas

Setelah Kamu mengetahui beberapa fungsi yang dimiliki oleh WAN, maka saatnya Kamu mengetahui berbagai macam teknologi WAN. Tentunya ada berbagai macam yang ditawarkan oleh penyedia layanan WAN, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. PSTN

PSTN merupakan jaringan telepon Switched public dan sebagai komunikasi WAN. PSTN ini merupakan teknologi WAN yang memakai jaringan Circuit Switched berbasis dial-up maupun leased line memakai line telepon dimana data yang berasal dari digital disisi komputer akan dikonversikan ke analog memakai modem, kemudian data akan berjalan dengan kecepatan terbatas.

2. X.25

X.25 awalnya memakai line analog dalam membentuk jaringan paket switching, meskipun X.25 dapat juga dibangun dari jaringan digital. X.25 dapat beroperasi pada kecepatan hingga 64 kbps di line analog. Selain itu, X.25 juga menyediakan deteksi error maupun koreksinya guna menjamin kehandalan dari line analog berkualitas rendah.

3. Leased lines

Leased line disebut juga dengan Decided line merupakan teknologi WAN yang memakai koneksi langsung secara permanen antar perangkat serta memberikan koneksi kualitas line yang konstan. Nah. Layanan ini tentunya lebih mahal jika dibandingkan dengan PSTN menurut kebutuhan.

4. Asynchronous Transfer Mode (ATM)

ATM merupakan koneksi WAN yang berkecepatan tinggi, memakai teknologi paket switching yang memiliki speed hingga 155 Mbps, bahkan bisa mencapai 622 Mbps. Tentunya ATM dapat mentransmisikan data secara simultan menggunakan digitized voice, hingga digitized video baik melalui WAN maupun LAN. Beberapa hal yang perlu Kamu ketahui mengenai ATM ini adalah sebagai berikut:
  • Kecepatan transfer dapat mencapai 1.2 Gigabit
  • Dapat memakai media transmisi dari twisted pair, coaxial, atau fiber optic
  • Sebagai line digital berkualitas tinggi serta low noise dan tidak membutuhkan error checking
Demikianlah beberapa hal yang perlu Kamu ketahui mengenai Teknologi Jaringan Berbasis Luas atau yang sering disebut dengan WAN. Semoga bermanfaat!
elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *