elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Teknologi Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Kekurangannya

Teknologi Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Kekurangannya

Saat ini, penggunaan teknologi jaringan komputer, bisa dibilang bukan hal yang baru. Karena hampir setiap orang membutuhkan jaringan tersebut untuk berbagai macam keperluan, baik untuk kebutuhan pekerjaan, kebutuhan bersosialisasi dan yang lainnya. Namun yang jelas adanya jaringan ini akan sangat memperlancar arus informasi dari dan ke berbagai tempat secara mudah dan praktis. Apalagi saat ini, terdapat jaringan komputer yang saling berinteraksi satu dengan yang lain, dan tergabung dalam jalur internet secara berlipat ganda.

Memahami Teknologi Jaringan Komputer

Sebelum membahas lebih dalam tentang apa itu dan jenis serta manfaat dari teknologi jaringan komputer, ada baiknya jika kamu mengenal terlebih dahulu pengertian jaringan komputer. Teknologi Jaringan Komputer adalah kumpulan komputer beserta aneka perlengkapan lainnya yang saling terkoneksi untuk berbagi data.
Yang dimaksud dengan sebuah jaringan, umumnya, terdiri dari minimal 2 atau bahkan lebih komputer, yang tentunya saling berhubungan satu dengan yang lain. Perlengkapan yang dimaksud, antara lain printer, smartphone, dan yang lainnya, yang terhubung menggunakan kabel atau jaringan lainnya. Adanya teknik seperti ini yang membuat proses transfer data jadi terasa lebih mudah, cepat dan praktis.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer yang ada saat ini memang cukup beragam, hal ini didasarkan atas beberapa macam faktor, seperti :

1. Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis

Artinya jenis ini akan menggunakan teknologi jaringan berbasis luas wilayah yang akan digunakan. Dalam hal ini ada beberapa jangkauan yang digunakan, yaitu:

a. LAN (Local Area Network)

Ini adalah jaringan yang akan menghubungkan perangkat jaringan yang jaraknya relatif pendek. Misalnya saja dalam sebuah sekolah, sebuah gedung kantor, atau yang lainnya. Sedangkan jaringan TCP / IP, LAN ini tidak selalu diimplementasikan sebagai subjek IP tunggal. Umumnya LAN ini akan beroperasi dalam ruang yang terbatas, dan juga biasanya dikendalikan oleh 1 orang atau 1 organisasi. Teknologi yang digunakan biasanya Ethernet dan Token Ring. Walau demikian ada juga LAN yang menggunakan teknologi jaringan wireless, seperti menggunakan Wi-Fi, yang dikenal dengan sebutan Wireless Local Area Network atau disingkat jadi WLAN.

b. MAN (Metropolitan Area Network)

Ini adalah jaringan komputer yang akan menghubungkan antara 2 hingga lebih jaringan LAN. Umumnya teknologi yang satu ini digunakan dalam 1 kota yang sama. Umumnya MAN ini akan digunakan, jika jarak yang menghubungkan 2 LAN sudah tidak dapat dibangun. Jaringan ini menggunakan perangkat khusus dan juga kabel.

c. WAN (Wide Area Network)

Berikutnya adalah WAN, terdiri atas kumpulan LAN, yang tersebar di beberapa tempat. Menggunakan perangkat yang bernama router, dan menghubungkan LAN ke WAN. Pada jaringan IP, alat bernama router tersebut akan menyimpan alamat LAN dan juga alamat WAN.
Umumnya WAN tidak dimiliki oleh 1 organisasi saja, melainkan dimiliki atau dikelola secara kolektif atau terdistribusi. Teknologi yang digunakan umumnya seperti yang digunakan pada ATM, Frame Relay dan juga X.25, guna memberikan konektivitas secara jarak jauh.

d. PAN (Pearson Area Network)

Secara tidak langsung PAN ini tidak jauh berbeda dengan jaringan LAN. Karena seperti namanya Personal Area Network, maka cakupan wilayah yang digunakan umumnya lebih kecil. Kamu akan menemukan teknologi jaringan ini, di rumah atau di kantor. Mengingat jaringan jenis ini, biasanya digunakan sebagai salah satu cara berbagi resources, seperti pada jaringan internet dengan printer, atau yang lainnya.

e. CAN (Campus Area network)

Berikutnya ada CAN, yang tidak jauh berbeda dengan MAN. Seperti namanya Campus Area Network, maka skala jangkauan yang diberikan untuk teknologi jaringan ini hanya terbatas pada wilayah universitas saja. Pastinya jaringan seperti ini digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan, antara lain praktik lab, pembaharuan kelas, ujian, email, layanan pemberitahuan dan aneka kegiatan lainnya.

f. Jaringan Internet

Jaringan internet ini, adalah sebuah jaringan komputer terbesar yang pernah dibuat oleh manusia saat ini. Dimana jaringan internet ini, mampu menghubungkan para penggunanya, dalam hal ini perangkat komputer seperti laptop, PC, Server, Workstation, CCTV, Webcam, Smartphone, Tablet dan yang lainnya, antara satu dengan yang lain secara mudah dan cepat. Baik yang menggunakan teknologi lcd dan led, atau bahkan yang lainnya.
Guna menghubungkan perangkat yang satu ini, ada beberapa jenis teknologi serta infrastruktur yang digunakan. Namun yang perlu diperhatikan disini adalah, mengingat siapa saja dapat terhubung dengan internet secara mudah, maka bisa dikategorikan, jaringan ini tidak aman.

g. VPN (Virtual Private Network)

Adalah jaringan yang menyediakan solusi koneksi internet secara aman. Ketika sebelumnya jaringan internet ini disebut tidak aman. Contohnya saja sebuah universitas yang mempunyai 2 atau 3 buah kampus di lokasi berbeda. Maka biasanya universitas tersebut, akan menggunakan jaringan VPN, guna menghubungkan 1 kampus dengan kampus lainnya dengan menggunakan jalur internet secara aman.

2. Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Data dan Informasi yang Digunakan

Teknologi yang satu ini akan bersumber pada jaringan data yang akan digunakan. Dalam hal ini, ada 2 jaringan yang akan digunakan, yaitu :

a. Jaringan terpusat

Jaringan terpusat ini adalah sebuah jaringan yang hanya terdiri atas komputer client dan juga komputer server. Dimana komputer client ini, akan bertugas menjadi perantara ketika mengakses berbagai macam informasi atau juga data dari komputer server. Pada jaringan ini ada yang disebut dengan ‘Dumb Terminal’ atau ‘terminal bisu’, adalah terminal yang tidak mempunyai alat proses data.

b. Jaringan terdistribusi

Jaringan terdistribusi ini tercipta dari hasil perpaduan antara beberapa jaringan terpusat. Yang membuat beberapa komputer server dan client dapat saling terhubung serta membentuk suatu jaringan tertentu.

3. Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data yang Akan Digunakan

Kali ini jenis jaringan komputer yang akan digunakan akan berdasarkan media transmisi yang akan digunakan, atau dengan kata lain, menggunakan alat lain yang digunakan untuk membagikan data yang ingin dibagi. Terdapat 2 jaringan yang digunakan, yaitu :

a. Jaringan berkabel (wired Network)

Seperti namanya, ini adalah alat atau media untuk mentransmisi data, yang ada dalam sebuah jaringan dengan menggunakan kabel. Tentunya kabel yang digunakan berguna untuk menghubungkan 1 komputer dengan komputer lainnya. Agar dapat berbagi atau bertukar data menggunakan jaringan internet secara mudah. Kabel UTP adalah salah satu media transmisi yang digunakan pada wired network tersebut.

b. Jaringan nirkabel (wireless network).

Untuk media yang satu ini, menggunakan gelombang elektromagnetik, guna melakukan transmisi data. Salah satu media transmisi yang menggunakan wireless network ini adalah wireless adapter.

4. Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer Ketika Memproses Data

Ada juga sistem jaringan komputer yang menggunakan peranan komputer dan jaringan lainnya, dalam hubungannya antar komputer ketika memproses data. Dimana 1 komputer atau 1 server akan membagikannya ke komputer lainnya. Ada 2 jaringan yang saat ini digunakan, yaitu :

a. Jaringan Client Server

Jaringan Client Server ini umumnya terdiri atas 1 hingga lebih komputer server dan juga komputer client. Namun umumnya hanya terdiri atas 1 komputer server dan beberapa komputer client. Dimana komputer server ini, tugasnya menyediakan sumber daya data, dan komputer client yang menggunakan sumber daya data tersebut.

b. Jaringan Peer to Peer

Untuk jaringan Peer to peer ini adalah, dimana masing-masing komputer, entah itu komputer server dan komputer client, sama-sama mempunyai kedudukan yang sama. Artinya, komputer server bisa jadi komputer client, demikian pula sebaliknya.

5. Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi Jaringan yang Akan Digunakan

Teknologi yang satu ini, akan mengacu pada tata letak perangkat yang akan terhubung satu dengan yang lain. Bisa dikatakan bentuknya seperti virtual jaringan. Umumnya topologi jaringan komputer ini akan dikategorikan ke dalam beberapa tipe dasar, yaitu :

a. Topologi Jaringan Bus (bis)

Topologi Jaringan Bus
Sumber: aguro.net

Ini adalah jaringan yang menggunakan kabel, sebagai tulang punggungnya. Dimana kabel akan berfungsi sebagai media komunikasi.

Kelebihan topologi jaringan bus:
  • Hemat biaya
  • Rangkaian sederhana
  • Pemakaian kabel sedikit
  • Penambahan kabel terbilang mudah
Kekurangan topologi jaringan bus:
  • Apabila jalur utama mengalami gangguan akan menganggu jalur lainnya
  • Jika jalurnya jauh maka diperlukan repeater sebagai penguat sinyal
  • Sulit mendeteksi gangguan
  • Tidak cocok untuk trafik padat

b. Topologi Jaringan Ring (cincin)

Topologi Jaringan Ring
Sumber: salamadian.com

Dalam topologi yang satu ini, setiap perangkat, mempunyai 2 ‘tetangga’ yang dapat digunakan sebagai jalur komunikasi. Dimana semua pesan perjalanan yang ada pada jalur cincin ini, menggunakan arah yang sama. Mulai dari searah jarum jam atau berlawanan jarum jam. Umumnya topologi yang satu ini digunakan dalam kampus atau perkantoran.

Kelebihan topologi jaringan ring:
  • Kecepatan transfer data lebih cepat
  • Rangkaian sederhana
  • Mudah mengetahui apabila terdapat masalah
  • Hemat dalam biaya
  • Memiliki jalur akses yang luas
Kekurangan topologi jaringan ring:
  • Sulit dalam menambah jumlah client
  • Konfigurasi terbilang sulit
  • Jika terdapat kerusakan pada suatu sisi, maka keseluruhan akan terganggu
  • Tidak cocok untuk sistem yang besar

c. Topologi Jaringan Star (bintang)

topologi jaringan star
sumber: salamadian.com

Jaringan bintang ini mempunyai titik koneksi pusat, yang biasanya disebut dengan ‘hub node’, yang tidak lain adalah hub jaringan. Umumnya perangkat yang digunakan adalah Unshielded Twisted Pair (UTP) Ethernet. Yang menarik adalah, jaringan ini lebih banyak membutuhkan kabel, jika hub gagal, maka seluruh jaringan juga akan gagal.

Kelebihan topologi jaringan star:
  • Penambahan/pengurangan jaringan komputer tidak menganggu arus informasi
  • Rangkaian sederhana
  • Mudah dalam mengetahui kerusakan
  • Keamanan jaringan tinggi
Kekurangan topologi jaringan star:
  • Biaya mahal
  • Penggunaan kabel banyak
  • Apabila switch/hub mengalami kerusakan maka mempengaruhi seluruh jaringan

d. Topologi Jaringan Tree (pohon)

Topologi Jaringan Tree
Sumber: salamadian.com

Ini adalah perangkat hub yang nantinya akan terhubung dengan topologi bus pohon. Dimana setiap hub akan berfungsi sebagai akar, dari pohon perangkat tersebut.

Kelebihan topologi jaringan tree:
  • Keamanan bagus
  • Mudah dalam manajemen data
  • Bisa digunakan untuk skala besar
  • Penambahan client terbilang mudah
Kekurangan topologi jaringan tree:
  • Biaya yang mahal karena banyak penggunaan kabel dan alat tambahan
  • Konfigurasi jaringan rumit
  • Perawatan jaringan cukup susah
  • Switch/hub menjadi alat yang penting

e. Topologi Jaringan Mesh (jala)

Topologi Jaringan Mesh
Sumber: salamadian.com

Penggunaan topologi Mesh ini, lebih pada konsep rute. Dimana pesan yang nantinya dikirim, dapat diambil melalui salah satu dari beberapa jalur, yang mengarah ke 1 tujuan. Dalam hal ini, beberapa WAN seperti Internet, menggunakan routing mesh tersebut.

Kelebihan topologi jaringan tree:
  • Data lebih cepat di transfer ke target yang dituju
  • Kerusakan salah satu jaringan tidak menganggu sistem yang lain
  • Keamanan data lebih kuat
  • Mudah dalam mengidentifikasi kerusakan
Kekurangan topologi jaringan tree:
  • Biaya mahal
  • Penambahan client cukup sulit
  • Proses konfigurasi sulit
  • Menggunakan banyak kabel

Manfaat jaringan komputer

Adanya teknologi jaringan komputer seperti ini, tentu saja secara tidak langsung memberikan manfaat bagi banyak orang, untuk berkegiatan sehari-hari. Terutama yang berhubungan dengan komputer dan jaringannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan :

a. Memudahkan Proses Berbagi File

Manfaat yang pertama adalah mempermudah antar penggunanya dalam berbagai data atau file tertentu. Baik itu skala individu hingga skala perusahaan.

b. Menjaga Data yang Bersifat Rahasia

Misalnya saja data dari pihak akuntansi untuk direktur perusahaan. Maka kamu tidak perlu datang secara pribadi ke ruang direktur. Kamu hanya perlu mentransfer file, dari komputer kamu ke komputer direktur dengan menggunakan jalur khusus. Ini yang membuat informasi jadi bersifat rahasia, dan pastinya aman ketika digunakan.

c. Mudah Berkirim Pesan Menggunakan Email

Dengan adanya teknologi seperti ini, juga akan memudahkan siapapun, ketika berkirim pesan secara online, menggunakan surat elektronik atau email. Jadi dimanapun kamu, baik didalam negeri maupun di luar negeri, akan mudah untuk mencari tahu informasi yang dibutuhkan.

d. Mudah Mencari Informasi Khusus

Misalnya saja kamu ingin mencari informasi tentang cara menggabungkan file word, atau juga cara menghapus halaman di word. Maka kamu dapat mencarinya secara online menggunakan jaringan internet, baik itu di PC, laptop, hingga smartphone. Caranya juga sangat mudah, cukup dengan memasukkan kata kunci, misalnya saja “cara menghilangkan garis merah di word” maka informasi yang diinginkan akan tampil secara cepat dan praktis. Ini adalah teknologi praktis, yang pastinya mampu menguntungkan para penggunanya.

e. Dapat Digunakan Dalam Dunia Pendidikan dan yang lainnya

Teknologi ini, ternyata tidak hanya bagus dan mendukung beberapa macam sektor, seperti dunia pendidikan, kedokteran, ekonomi dan yang lainnya. Yang dimaksud dengan teknologi untuk pendidikan, adalah membuat para penggunanya jadi lebih pandai dalam menggunakan dan mencari berbagai macam informasi yang dibutuhkan. Tekniknya tidak jauh berbeda dengan mencari informasi khusus. Misalnya saja kamu akan mencari “aplikasi edit video pc tanpa watermark”, guna memudahkan kamu ketika bekerja dengan melakukan video editing. Kamu dapat dengan mudah mencarinya informasi yang diinginkan di website pencari, juga dengan memasukkan kata kunci yang tepat.
Selain beberapa manfaat lainnya, adanya teknologi yang satu ini juga akan memudahkan para penggunanya, dalam melakukan interaksi sosial, seperti menggunakan media sosial yang ada. Artinya proses berhubungan dengan orang yang jaraknya jauh, jadi terasa mudah dan cepat.

Kekurangan jaringan komputer

Namun yang tidak banyak diketahui orang adalah saat ini, jaringan komputer yang ada terbilang teknologi tidak ramah lingkungan. Lantaran teknologi yang ada, dinilai terlalu banyak menggunakan sumber daya yang ada secara berlebih. Secara tidak langsung, hal ini akan berdampak pada pemanasan global dan pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi hal-hal seperti ini, beberapa tahun belakang tengah digalakkan Green Computing atau komputasi hijau. Maksudnya adalah cara atau metode yang digunakan, dalam sebuah ruang lingkup penggunaan komputer serta perangkat IT lainnya, agar lebih hemat energi. Artinya teknologi tidak ramah lingkungan akan ditekan, bahkan digantikan. Caranya adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi alam, seperti dapat didaur ulang, dan tidak menjadi hanya seonggok sampah tidak berguna.
Siapapun dapat menggunakan teknologi green computing tersebut, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti :

a. Green Computer Pada Data Center

Dalam hal ini menggunakan teknologi server yang lebih hemat energi, seperti menggunakan teknologi Virtualization, teknologi blade Server atau juga menggunakan data center Power Efficiency Metrics.

b. Green Computing Pada Workstation

Dalam hal ini diganti menggunakan teknologi Power management, Menggunakan Tim klien, menggunakan Dekstop PC dengan Laptop.

c. Green Computing Pada Lingkungan Kerja

Dalam menghemat biaya maintenance, dan juga operasional, serta energi dan juga transportasi, kali ini kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan Skype (Solusi Voip), Solusi IM (Instant Messaging), atau juga Solusi unified Communication (Voip + IM).

d. Green Computing Pada Diri Sendiri

Adalah dengan menggunakan komputer daur ulang, atau menggunakan komputer lama namun spec yang ada di upgrade. Terutama kamu yang mengerti masalah perangkat komputer, pasti mengetahui hal seperti ini dengan baik.
Dilihat dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi jaringan komputer tersebut memang memberikan manfaat yang sangat luas terhadap masyarakat banyak. Namun demikian, sebaiknya para pengguna mulai beralih menggunakan green computing, pada perangkat komputer yang digunakan. Guna mendukung Go Green pada lingkungan sekitar, yang membuat bumi tetap terlihat indah, dan nyaman untuk dihuni. Tapi tidak mengurangi manfaat dari teknologi yang dimaksud tersebut.
Perkembangan teknologi dizaman sekarang sangat cepat. Tidak hanya dalam urusan teknologi jaringan komputer, perkembangan teknologi  juga  merambah cepat ke berbagai bidang. Salah satunya adalah teknologi sistem ekskresi, olahraga, transportasi, dan masih banyak yang lain. Jadi kita harus siap menghadapi perubahan zaman yang sangat cepat ini.
Semoga bermanfaat!
elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *