elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Perbedaan Teknologi LCD dan LED

perbedaan teknologi lcd dan led

Teknologi LCD dan LED merupakan teknologi bidang elektronik berfungsi menampilkan output sistem yang membentuk citra pada monitor. Kedua teknologi ini sering kali membuat orang awam merasa bingung karena bentuknya sama.

Faktanya LCD dan LED itu berbeda, di mana LED ialah hasil perkembangan dari LCD. Sebagai informasi tambahan, berikut ulasan mengenai perbedaan teknologi LCD dan LED.

Teknologi LCD

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai perbedaan teknologi  LCD dan LED, Anda juga harus tahu tentang pengertian LCD. LCD (Liquid Crystal Display) adalah TV yang menggunakan layar datar dan telah menggunakan teknologi LCD.

Pada jenis LCD, ada dua lapisan kaca yang sudah terpolarisasi dan dirancang saling menempel satu sama lain. Kristal cair yang ada di salah satu lapisan kaca memiliki fungsi memblokir cahaya sehingga bisa menghasilkan gambar ketika layar dilalui oleh arus listrik.

Hanya saja kristal tersebut tidak mampu menghasilkan cahaya sendiri. Cahaya yang digunakan berasal dari rangkaian lampu yang ada di belakang layar.

Dengan adanya lampu neon, gambar akan dibuat oleh kristal sehingga terlihat lebih jelas. Kualitas monitor juga akan menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

TV berteknologi LCD ini dibuat dengan desain tipis sehingga bisa digunakan untuk ruangan yang minimalis. Menariknya lagi, TV berteknologi LCD juga bisa ditempatkan dimana saja, seperti dimasukkan ke dinding, ditempatkan di meja bahkan ditempelkan di tembok.

Teknologi LED

LED atau Light Emitting Diode adalah teknologi dalam TV yang sangat mirip dengan teknologi LCD jika ditinjau dari segi kinerja. Pada layar LED juga terdapat teknologi liquid crystal display dengan desain yang lebih tipis jika dibandingkan yang ada pada LCD.

Perlu diketahui, salah satu perbedaan mencolok antara LCD dan LED ialah sumber cahayanya yang berada di belakang layar. Pada TV LCD, cahaya masih berasal dari  lampu neon sedangkan pada LED telah menggunakan light emitting dioda.

Seiring perkembangannya dengan teknologi jaringan komputer, kini LED hadir dengan 2 jenis pencahayaan.

  • Pencahayaan edge, yaitu rangkaian dioda yang diatur sepanjang tepi bagian luar layar. Ketika arus listrik tersedia, maka cahaya tersebut akan didistribusikan ke seluruh daerah layar.
  • Full array, yaitu pencahayaan yang memiliki beberapa baris dioda pada bagian belakang semua permukaan layar. 

Dioda sendiri merupakan salah satu komponen penting dari elektronika dan termasuk komponen aktif yang bisa digunakan untuk mengontrol arus listrik.

Keberadaan dioda membuat cahaya memiliki kontrol terhadap kecerahan maupun peredupan layar. Hal ini dikarenakan dioda bisa dihidupkan maupun dimatikan secara independen.

Itulah beberapa ulasan mengenai pengertian dan perbedaan teknologi  LCD dan LED yang harus Anda pahami. Semoga bermanfaat!

elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *