elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Teknologi Sistem Pernapasan: Pengertian dan Macamnya

Teknologi Sistem Pernapasan: Pengertian dan Macamnya

Teknologi Sistem Pernapasan – Bisa diartikan sistem pernapasan adalah suatu hal penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika saja sistem pernapasan terganggu maka secara otomatis kesehatan menjadi terganggu.

Untuk saat ini dunia kesehatan sudah sangat memperhatikan hal tersebut. Oleh karena itu, teknologi sistem pernapasan diharapkan bisa membantu sebuah kondisi pernapasan seseorang yang sedang dalam masalah.

Baca juga: Teknologi Jaringan Komputer.

Pengertian Teknologi Sistem Pernapasan

Teknologi sistem pernapasan adalah sebuah alat yang terdapat di dunia kesehatan yang digunakan untuk bisa membantu terkait dengan permasalahan sistem pernapasan. Lalu untuk masalah sistem pernapasan sendiri bisa seperti kesulitan bernapas, adanya sebuah kelainan yang dikarenakan oleh sebuah penyakit tertentu. 

Macam-Macam Alat Teknologi Sistem Pernapasan

Saat ini di dunia kesehatan sudah memiliki beberapa alat teknologi sistem pernapasan. Salah satu alat teknologi pernapasan tersebut adalah seperti Trakeostomi, Pulmotor, Spirometer, Oxygen Catheter dan Nebulizer. Berikut ini adalah penjelasan dari kelima alat tersebut.

1. Teknologi Trakeostomi

Teknologi yang pertama adalah teknologi trakeostomi. Teknologi trakeostomi adalah sebuah prosedur pembedahan yang pada dasarnya dilakukan untuk sebuah pemasangan alat yang berbentuk seperti selang di dalam trakea. Fungsi dari pemasangan selang ini tak lain adalah berguna untuk memperlancar dan juga memberikan sebuah jalan ketika proses pernapasan berlangsung, cara yang digunakan untuk memperlancar sistem pernapasan tersebut adalah dengan menghisap lendir-lendir yang menghalangi sistem pernapasan.

2. Teknologi pulmotor

Teknologi yang kedua adalah teknologi pulmotor. Teknologi ini biasanya digunakan untuk membantu proses pemberian bantuan pernapasan buatan. Biasanya teknologi ini digunakan untuk orang yang tenggelam atau bisa juga ketika seseorang terkena sengatan listrik. Karena dirasa sangat penting keberadaanya, maka alat ini selalu ada di beberapa tempat yang memiliki aktivitas manusia yang tinggi seperti pantai, kolam renang dan tempat olahraga ataupun beberapa tempat lainnya.

3. Teknologi spirometer

Teknologi yang ketiga adalah teknologi spirometer. Teknologi spirometer adalah sebuah alat yang berguna untuk membantu memberikan sebuah diagnosa tentang kondisi paru-paru. Dengan menggunakan alat ini, keadaan paru-paru bisa didiagnosa dengan cepat dan juga bisa diketahui kondisi terbarunya secara langsung.

4. Teknologi oxygen catheter

Teknologi yang keempat adalah teknologi oxygen catheter. Teknologi oxygen catheter adalah sebuah alat  yang berbentuk selang yang dipasangkan ke dalam hidung. Fungsinya adalah untuk mengalirkan oksigen masuk kedalam hidung. Biasanya teknologi ini akan terpasang dengan tabung oxygen yang terletak disampingnya.

5. Teknologi Nebulizer

Teknologi yang kelima adalah teknologi nebulizer. Teknologi nebulizer adalah alat yang digunakan dan dapat membantu bagi penderita asma kronis. Nebulizer berfungsi untuk mengubah obat dalam bentuk cair menjadi uap. Uap ini akan menjadi partikel yang sangat kecil, sehingga bisa dihirup oleh penderita Asma dan masuk ke bagian paru-paru yang ditargetkan dengan cepat.

Demikianlah pembahasan mengenai teknologi sistem pernapasan dan macam-macamnya. Semoga bermanfaat!

elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *