elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Mengenal Apa Itu Teknologi Tidak Ramah Lingkungan

Mengenal Apa Itu Teknologi Tidak Ramah Lingkungan

Pernahkah Kamu mendengar apa itu teknologi tidak ramah lingkungan? Nah, jika Kamu sering mendengar tentang teknologi jaringan komputer, maka pada pembahasan kali ini akan dipaparkan mengenai teknologi yang tidak ramah lingkungan. Untuk itu langsung saja berikut ulasan selengkapnya.

Apa itu Teknologi Tidak Ramah Lingkungan?

Pernahkah jalan kaki di belakang kopaja atau metromini maupun naik motor? Asap knalpot yang keluar terkadang sama hitamnya dengan air got yang mampet. Tentunya hal ini sangat berbahaya, bukan? Nah, mesin atau teknologi yang digunakan oleh kopaja atau metromini dapat dikatakan sebagai teknologi tidak ramah lingkungan, dengan begitu dapat mengakibatkan asap hitam keluar. Pada dasarnya teknologi atau mesin yang hasil buangannya dapat berpotensi merusak lingkungan, maka hal ini termasuk teknologi tidak ramah lingkungan. Nah, teknologi ini dapat digunakan oleh manusia karena penggunaan teknologi ramah lingkungan masih sulit untuk dilakukan. Salah satu kesulitannya adalah dari segi biaya pembuatan maupun perawatannya yang tergolong mahal.

Contoh-Contoh Teknologi yang Tidak Ramah Lingkungan

Seperti pada pembahasan sebelumnya bahwa salah satu contoh teknologi yang tidak ramah lingkungan adalah mesin kendaraan bermotor. Ketika mesin kendaraan bermotor ada yang masih memakai bahan bakar fosil, maka hal ini termasuk sebagai teknologi tidak ramah lingkungan. Karena di dalam proses pembakaran yang terjadi pada mesin tentunya bahan bakar yang terbakar akan menghasilkan beberapa gas, dan dua diantaranya berbahaya seperti karbon monoksida dan karbon dioksida. Gas ini merupakan gas beracun, bahkan karbon monoksida merupakan salah satu yang menyebabkan terjadinya pemanasan global dan efek rumah kaca.
Selain berasal dari mesin kendaraan bermotor, tentunya semprotan aerosol juga termasuk sebagai teknologi tidak ramah lingkungan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan semprotan aerosol merupakan semprotan yang memakai tekanan gas dalam menyemprotkan cairan yang ada di dalamnya. Kamu bisa menemukannya di dalam obat nyamuk semprot, pengharum ruangan, parfum, dan sebagainya. Dahulu, bahan yang dipakai pada gas pendorongnya adalah CFC atau Chloro Fluoro Carbon. Namun kemudian diketahui jika CFC terlepas ke udara serta mengendap bersamaan, maka hal ini bisa membuat lubang pada lapisan ozon bumi. Namun sejak 1989, CFC yang digunakan pada semprotan aerosol telah dilarang, dan saat ini semprotan aerosol memakai bahan lain yang digunakan sebagai gas pendorong seperti HFA, DME, maupun propane.
Selain itu, pembangkit listrik tenaga diesel juga termasuk teknologi tidak ramah lingkungan. Karena asap yang dihasilkan oleh pembakaran diesel sama seperti mesin mobil, yaitu menghasilkan karbon monoksida dan karbon dioksida. Namun kini teknologi tidak ramah lingkungan yang satu ini mulai ditinggalkan karena manusia telah menyadari jika penggunaanya dapat menghancurkan lingkungan maupun tempat hidup manusia.Semoga kedepannya kesadaran diri kita semakin meningkat. Sehingga lingkungan akan semakin terjaga. Kuncinya adalah mulai dari diri sendiri dan dari hal-hal yang kecil. Hal kecil tersebut nantinya juga akan memberikan dampak yang besar.

Semoga bermanfaat!

elsagara Seorang manusia penyuka blogging, teknologi, gadget, game dan segala hal yang menarik dan berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *